Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Kapolres Seram Bagian Barat Hadiri Penanaman Pohon Bersama di Kodim 1513 SBB

Jumat, 07 Juni 2024 | 11:12 WIT Last Updated 2024-06-07T02:12:29Z

Foto : Kapolres SBB ikut bersama Pemda SBB dan Kodim 1513/SBB tanam pohon

SBB
- Globaltimur.com - Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Dennie Andreas Dharmawan, S.I.K., hadiri penanaman pohon yang digelar di Lapangan Upacara Kodim 1513 SBB, Rabu 05 Juni 2024 pagi pukul 08.35 WIT. Penanaman pohon tersebut dalam rangka dalam rangka Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2024. 


Pada kesempatan itu Pj. Bupati SBB Dr. ACHMAD JAIS ELY, ST, M.Si., dalam sambutannya mengatakan Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem. Pemulihan juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat proses atau dampak akibat perubahan iklim.


Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) 98/2021 tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) yang mengatur pelaksanaan aksi mitigasi dan aksi adaptasi perubahan Iklim yang dilakukan melalui penyelenggaraan NEK untuk mencapai target NDC dan pengendalian emisi untuk pembangunan nasional. Penyelenggaraan NEK dilakukan pada sektor dan sub sektor dengan pelaksana oleh kementerian/lembaga, pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat, melalui 4 (empat) mekanisme yaitu: Perdagangan Karbon dengan offset dan perdagangan emisi; Pembayaran Berbasis Kinerja, Pungutan atas Karbon; dan/atau Mekanisme lain sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.


Dengan demikian, adanya NEK dapat menjadi insentif untuk pencapaian NDC dengan mendukung upaya yang selama ini telah dilakukan, seperti pengendalian kebakaran hutan, pencegahan deforestasi dan degradasi hutan, atau transisi teknologi untuk mewujudkan energi baru terbarukan seraya terus mengupayakan terbangunnya kesempatan kerja dan menghasilkan pendapatan. Yang penting sebagai catatan bahwa upaya mitigasi dan adaptasi merupakan upaya mengatasi iklim dan pelestarian lingkungan yang sekaligus menjadi insentif untuk kesejahteraan juga secara ekonomi. Bagi Indonesia, NEK merupakan bagian dari kekayaan alam Indonesia dan dikuasai negara yang harus digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat sesuai makna Pasal 33 UUD 1945.


“Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 ini menjadi momen penting untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran, dan kepedulian secara konsisten dalam upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan”. imbuhnya


Penanaman pohon yang kita lakukan saat ini juga merupakan bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat dalam kegiatan memperingati “Hari Lingungan Hidup Sedunia Tahun 2024”.


Turut Hadir dalam kegitan Pj. Bupati SBB Dr. ACHMAD JAIS ELY, ST, M.Si,, Kapolres SBB AKBP DENNIE ANDREAS DHARMAWAN, S.I.K, Dandim 1513 SBB LETKOL INF. RUDOLF G. PAULUS, Sekda Kab. SBB LEVERNE A. TUASUUN, SP, M.Si, Kasdim 1513 SBB MAYOR INF BAMBANG TETUKO, staf ahli, para asisten, dan pimpinan OPD Lingkup Pemda Kab. SBB, personel Kodim 1513 SBB, serta tamu undangan yang hadir berjumlah 50 orang. Kegiatan selesai pukul 09.10 WIT. Selama kegiatan berlangsung, situasi aman dan terkendali. (Yan)

×
Berita Terbaru Update