Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Festival Beta Indonesia Diharapkan Jadi Ajang Tahunan untuk Promosi Pariwisata di Ambon

Sabtu, 18 Mei 2024 | 12:11 WIT Last Updated 2024-05-18T03:26:53Z
Foto: Triathlon dalam Festival Beta Indonesia


AMBON, Globaltimur.com Kota Ambon bersiap menjadi sorotan dunia dengan digelarnya Festival Beta Indonesia, sebuah acara yang bertujuan memperkenalkan Ambon sebagai destinasi pariwisata unggulan. 


Festival ini, yang baru pertama kali diadakan di Ambon, menggabungkan olahraga Triathlon yang telah mendunia.


"Tujuan utama kami adalah agar Kota Ambon dikenal luas sebagai salah satu tujuan wisata. Dengan Triathlon yang semakin booming di kancah internasional, kami berharap olahraga ini juga dapat meningkatkan pariwisata di Ambon dan Maluku," ungkap Ketua Panitia Festival Beta Indonesia, Fitria Attamimi kepada wartawan di acara pembukaan Festival Beta Indonesia, yang digelar di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, Halong, Kota Ambon, Sabtu (18/5/24) pagi tadi.


"Potensi alamnya sangat bagus, dengan pemandangan yang indah dan udara yang masih segar," Tambah Fitria.


Selain itu, Festival ini direncanakan menjadi acara tahunan untuk terus mendorong pariwisata di Maluku, Khususnya di Kota Ambon.


Menurut Fitria, cuaca di Ambon yang menantang justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta Triathlon.


 “Olahraga Triathlon ini tidak tergantung iklim, bahkan cuaca menantang seperti ini bisa menjadi pengalaman yang unik bagi peserta,” ungkap Fitria.


Tahun ini, Triathlon menarik 140 peserta, melebihi target awal 100 peserta. Dari jumlah tersebut, sekitar 110 peserta berasal dari luar provinsi Maluku, sementara sisanya adalah peserta lokal. 


Pendaftaran hanya dibuka selama dua minggu, namun antusiasme yang tinggi menunjukkan minat yang besar terhadap acara ini.


Triathlon dalam Festival Beta Indonesia mencakup tiga cabang olahraga: renang sejauh 750 meter, sepeda sepanjang 22 kilometer, dan lari sejauh 5 kilometer. 


Foto: Triathlon dalam Festival Beta Indonesia


Ada dua kategori yang ditawarkan: kategori open untuk individu dan kategori relay untuk tim. Kategori relay memungkinkan tiga orang untuk berpartisipasi dalam satu tim, dimana masing-masing anggota menyelesaikan satu bagian dari rangkaian Triathlon.


“Kami berharap masyarakat lokal bisa lebih berpartisipasi, terutama dalam kategori relay, sehingga lebih banyak orang yang bisa merasakan keseruan acara ini,” ujar Fitria.


Festival Beta Indonesia tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga diharapkan bisa menjadi daya tarik utama untuk mempromosikan keindahan alam dan budaya Maluku kepada dunia. 


“Saya ingin sekali acara ini menjadi acara tahunan,” tutup Fitria dengan penuh harapan. (DLN)

×
Berita Terbaru Update