Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

IAKN Ambon Bersiap Menjadi Universitas Kristen Dokter Johanes Leimena

Sabtu, 18 Mei 2024 | 13:11 WIT Last Updated 2024-05-18T04:12:07Z

 

Foto: Institut Agama Kristen Negeri Ambon akan segera bertransformasi menjadi Universitas

AMBON, Globaltimur.com Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon akan segera bertransformasi menjadi Universitas Kristen Dokter Johanes Leimena. 


Hal itu disampaikan Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA, kepada wartawan di acara penutupan kegiatan Expo pendidikan IAKN Ambon, Jumat (17/5/24).


Pasalnya, perubahan ini bertujuan untuk mengenang dan mengabadikan nama tokoh bangsa asal Maluku, Dr. Johanes Leimena, yang berasal dari negeri Ema.


"Nama Dr. Johanes Leimena dipilih untuk mengklaim tokoh bangsa yang berasal dari Maluku sebagai identitas lembaga ini," ungkap Prof. Rumahuru.


Foto: Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, MA


"Kami juga melihat pentingnya memandirikan perguruan tinggi agar dosen dan mahasiswa semakin inovatif dan mampu menghasilkan berbagai hal yang dapat menjadi tambahan penghasilan," tambahnya.


Dirinya mengaku, IAKN Ambon terus berupaya mengembangkan program studi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat Maluku dan kawasan Indonesia Timur. 


Lebih lanjut, Program studi baru seperti Arsitektur, Sistem Informasi, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Sosiologi, dan Teknik Industri dengan fokus pada desain produk, telah dibuka. 


"Selama ini, banyak anak-anak dari Maluku harus pergi ke Makassar atau Jawa untuk studi mengenai program-program tersebut. Dengan adanya program studi ini di IAKN Ambon, kebutuhan pendidikan lokal dapat terpenuhi," jelas Prof. Rumahuru.


Rektor IAKN Ambon itu berharap, bahwa transformasi kelembagaan ini, bersama dengan pengembangan program studi dan kegiatan-kegiatan positif lainnya, dapat membangun masyarakat Maluku yang damai, toleran, dan bermartabat. 


"Kami siap membangun masyarakat majemuk yang harmonis melalui pendidikan berkualitas dan berbagai inisiatif positif," tutupnya.


Dengan berbagai langkah strategis ini, IAKN Ambon optimis untuk terus maju dan berkontribusi dalam memajukan pendidikan serta membangun karakter bangsa. (DLN)

×
Berita Terbaru Update