Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Sedih,,,Dua Desa Di Kecamatan Elpaputih Hidup Dalam Kegelapan Tanpa Listrik

Rabu, 26 Juni 2024 | 21:29 WIT Last Updated 2024-06-27T01:43:39Z

Foto : Dua Desa pegunungan di Kec. Elpaputih Kab. SBB masih dalam kegelapan

Elpaputih
- Globaltimur.com - Warga desa Huku Kecil dan Abio Bagian Pegunungan pada kecamatan Elpaputih masih hidup dalam kegelapan karena hingga saat ini belum ada aliran listrik yang masuk pada desa mereka.


Tim Media Group di lokasi desa Huku dan Abio melihat langsung kondisi kedua desa di mana seluruh masyarakat pada malam hari hanya menggunakan penerangan lampu pelita untuk menerangi rumah sekaligus digunakan untuk kegiatan belajar anak-anak.


Terlihat pada siang hari terdapat beberapa tiang listrik yang telah berdiri dalam desa, namun belum terpasang material kabel listrik semenjak dibangun hingga saat ini. Warga juga tidak mengetahui alasan belum dipasangnya jaringan kabel listrik di desa mereka.


Rosalina Risiela, siswi SMP Negeri 3 Huku Kecil yang sempat ditemui saat sementara belajar menggunakan penerangan lampu pelita, mengatakan harapannya agar aliran listrik PLN dapat segera dipasang, sehingga mereka dapat belajar tanpa harus dalam kondisi kegelapan seperti saat ini.


Sementara itu, Camat Kecamatan Elpaputih, Godlif Eguene Corputty, secara tegas mempertanyakan pihak yang berkompeten dalam BUMN, terutama PLN yang hingga saat ini belum juga memasukkan aliran listrik di kedua desa, sementara banyak tiang listrik telah dibangun puluhan tahun dan dibiarkan begitu saja.Apa alasannya, sehingga sudah sekian tahun kedua desa itu terkesan dianaktirikan,dan dibiarkan dalam ketertinggalan menikmati fasilitas negara ini?


Dengan belum dipasangkannya aliran listrik pada kedua desa, membuat aparat desa dalam tugas-tugas menyampaikan pelaporan elektronik harus turun ke ibu kota kecamatan untuk membuat pelaporan mengingat tidak ada listrik maupun jaringan internet.


Oleh karena itu, selaku camat kecamatan Elpaputih, dirinya berharap PLN untuk menyelesaikan apa yang telah dilakukan sebelumnya, yakni pembangunan sejumlah tiang listrik di kedua desa untuk selanjutnya dilakukan pemasangan kabel listrik agar aliran listrik bisa dirasakan juga oleh masyarakat di desa Huku dan Abio.


Hal yang sama juga diungkapkan warga desa Abio Dance Haikuty. Ia berharap ada perhatian pemerintah kabupaten, provinsi, hingga pusat, termasuk juga pihak PLN untuk peduli akan masyarakat yang selama ini tidak pernah tersentuh penerangan aliran  listrik PLN.


Seperti diketahui, desa Huku Kecil dan Abio Bagian Pegunungan pada kecamatan Elpaputih, sampai dengan saat ini masih hidup dalam kegelapan karena hingga saat ini belum ada aliran listrik yang masuk pada desa mereka. Sementara di sisi lain, pihak PLN telah membangun tiang listrik pada sejumlah titik menuju hingga masuk dalam desa mereka, namun kelanjutan untuk pemasangan kabel listrik tak kunjung direalisasikan, dan tiang listrik hanya sebagai pajangan harap warga kedua desa tersebut. (Tim)

×
Berita Terbaru Update