Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Lolos Ke Tingkat Nasional, Sejumlah Predikat Terbaik Tingkat Nasional Di Raih Kades Hatusua

Minggu, 02 Juni 2024 | 10:31 WIT Last Updated 2024-06-02T02:12:27Z

Foto : Kades Hatusua Berhasil sejumlah prestasi terbaik di tingkat Nasional

Jakarta
- Globaltimur.com - Dari kurang lebih seribu enam puluh tujuh Kepala Desa seluruh Indonesia mengikuti seleksi secara bertahap dari tingkat Kabupaten hingga Provinsi dan menuju ke tingkat Nasional, namun hanya sebanyak 300 Kepala Desa yang berhasil lolos mengikuti kegiatan tingkat Nasional.


Hal ini menjadi sebuah kebanggaan bagi Provinsi Maluku terlebih kusus Kabupaten berjuluk Saka Mese Nusa yakni Kabupaten Seram Bagian Barat dalam hal ini Kepala Desa Hatusua Petrus Saul Tuhuteru secara berjenjang lolos dalam tahapan seleksi dan berhasil mewakili Provinsi Maluku ke tingkat Nasional.


Satu prestasi gemilang yang berhasil di raih Tuhuteru di tingkat Nasional terlihat dari peringkat I pemberian hadiah oleh Bank Mandiri kepada Tuhuteru.


Belum lagi predikat yang lainnya yang di berikan kepadanya pada saat mengikuti kegiatan tingkat Nasional mendapat sertifikat karena mengikuti kegiatan yang di selenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 28 - 31 mei 2024.


Foto : Kades Hatusua Petrus Saul Tuhuteru berhasil raih sejumlah predikat tingkat Nasional

Sertifikat tersebut sebagai peserta kegiatan Para Legal Academy, dan bukan saja itu, namun Tuhuteru juga di berikan piagam penghargaan Non Litigation Peacemaker (NL.P) sebagai peserta terbaik Para Legal Justice Aword dalam kategori penyelesaian berbagai konflik atau permasalahan Hukum secara Nonlitigasi yang di hadapi oleh masyarakat di wilayahnya.


Selain itu, Tuhuteru juga di berikan sejumlah penghargaan lewat pengalungan kain syal yang di di dapatkan sebagai" Top Favorit Publik PJA 2024", kemudian Non Litigation Peacemaker, dan juga Para Legal Justice Aword dari Mahkamah Agung RI.


Selain itu Tuhuteru pun di berikan piala penghargaan dan Lencana keemasan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Mahkamah Agung RI.


Yang lebih menarik lagi Tuhuteru sebagai Kades Hatusua dalam kegiatan tersebut mendapat piagam penghargaan dari Kemenhumkam sebagai" Anubhawa Sasana Jagaddhita", yang telah menyukseskan dan mengembangkan program pemberdayaan masyarakat sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berfokus pada kemudahan berusaha (infestasi), peningkatan sektor pariwisata dan perluasan lapangan kerja melalui sumber daya alam dan kearifan lokal adat istiadat setempat.


Rasa bangga ini menjadi satu harapan besar Kades Hatusua Petrus Saul Tuhuteru dalam penerapan ilmu perdamaian yang di dapatkan saat berhasil mewakili Kepala Desa se-Maluku di tingkat Nasional.


Kegiatan tersebut di selenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bekerja sama dengan Mahkamah Agung RI serta beberapa Kementerian lain-nya.


Foto : prestasi gemilang di raih Kades Hatusua


Saat di hubungi via telpon serulernya, Tuhuteru menyampaikan" kegiatan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi dirinya bisa mewakili semua Kepala Desa se-Maluku, dan bisa belajar lebih mendalam ilmu kemasyarakatan yang mana bisa menjadi Hakim Pendamai di Desa, sehingga setiap permasalahan rakyat tidak sampai ke pengadilan. Ujar Tuhuteru


Katanya lagi" kegiatan ini bertujuan membantu Kemenhumkam dan Mahkamah Agung RI guna mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat. Sebut Tuhuteru


Di tambahkannya pula" kurang lebih satu Minggu dalam kegiatan, para peserta di latih sehingga ada yang berhasil menjadi peserta terbaik dan Top Favorit Publik, dalam mengatasi berbagai permasalahan masyarakat yang tidak sampai ke tingkat pengadilan, namun terselesaikan secara kekeluargaan dengan baik di Desa.


Dan keberhasil meraih predikat terbaik di tingkat Nasional dalam kegiatan tersebut salah satunya Tuhuteru yang mana dalam acara penganugrahan itu terpilih sepuluh Kades dan dirinya salah satu yang termasuk di antara kesepuluh peserta tersebut. Tutur Tuhuteru 


Di akhir kata Tuhuteru menyampaikan banyak - banyak terima kasih kepada semua pihak dan Basudara yang sudah mendukung dengan doa dan "Vote" yang di berikan sehingga dapat menunjang dalam meraih Top favorit publik PJA 2024, hal ini merupakan perjuangan kita bersama untuk nama baik Provinsi Maluku, Kab.Seram Bagian Barat dan sudah tentu untuk Negeriku Tercinta Hatusua Sourissa Serambi. Pungkasnya  (V374)


×
Berita Terbaru Update