Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Kota Ambon Ikut Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (SAMRT CIYY)

Rabu, 26 Juni 2024 | 12:25 WIT Last Updated 2024-06-26T10:13:04Z

Foto : Kota Ambon ikut kegiatan evaluasi
 Gerakan menuju 100 smart city,

Denpasar
- Globaltimur.com - Suatu kebanggaan Ketika Kota Ambon sejak 2019 termasuk dalam salah satu kabupaten/kota yang di pilih oleh Kementerian Kominfo dan Kementerian/Lembaga terkait dalam Gerakan menuju 100 smart city, dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kata Plt. Kadis Kominfo Ronald Lekransy, usai pelaksanaan evaluasi tahap 1, di The Meru Sanur Hotel, Kota Denpasar. 


Lekransy menambahkan, bahwa kehadiran Kota Ambon dalam evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas sesuai petunjuk Pj. Walikota Ambon, Dominggus N Kaya Yang mengharapkan seluruh Pimpinan OPD, dan Tim bisa secara serius mengikuti kegiatan dimaksud, karena ini berdampak besar bagi optimalisasi pelayanan public di kota ini. Ungkapnya


Menindaklanjuti hasil evaluasi implementasi program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) Tahun 2023, maka Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, melaksanakan Evaluasi Implementasi Program Kota Cerdas (Smart City) Tahap I yang ditujukan untuk menindaklanjuti progres hasil rekomendasi dari tim asesor kepada kepada dua ratus empat puluh satu (241) kota/kabupaten yang terpilih pada periode 2017-2023, termasuk Kota Ambon. 


Dalam arahan pembukaan oleh Prof.Dr. Harya Damar Widiputra, S.T,  M.Kom,IPM, mengatakan bahwa evaluasi tahap 1 ini sifatnya mendengarkan secara langsung implementasi program Kota Ambon  menuju kota cerdas, untuk selanjutnya berkenan mendapatkan pembobotan dari para asesor, sehingga daerah semakin siap dalam penilaian tahap selanjutnya. 


Terlibat sebagai asesor dalam evaluasi tahap 1 program menuju kota cerdas adalah, Dr. SUPIA YULIANA, S.Si., MM. (Universitas Gajah  Mada),  Dr. Tunjung Sulaksono, S.IP., M.Si. (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta),  Ir. Agus Tri Cahyono, MT (Ikatan Ahli Perencanaan Wilayah dan Kota),  Prof.Dr. Harya Damar Widiputra, S.T,  M.Kom,IPM  (Perbanas), yang dalam dialog yang di bangun memberikan apresiasi atas kerja keras dan kolaborasi yang luar biasa dari stakeholder dalam menyiapkan Kota Ambon menuju Kota cerdas, dengan infrastruktur fisik, infrastruktur TIK dan infrstruktur sosilnya. 


Lanjut Lakransy menambahkan" Kota Ambon dalam evaluasi ini, secara luring dihadiri oleh Plt. Kadis Kominfo Kota Ambon Ronald Lekransy, sekaligus mempresentasikan implementasi program menuju kota cerdas, dan secara daring melibatkan para pimpinan OPD dan staf sekaligus sebagai Tim Pelaksana Smrat City, dan Dewan smart city, Tim penyususn Master Plan Smart city 2025-2029, Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM), dan direktur AMO Rony Lopis. Ujarnya


Dalam penutupan dialog dengan para asesor, Lekransy menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat, dan berharap Ambon semakin siap untuk masuk tahap penilaian selanjutnya. 


Dan menghasil Indeks Smart City Kota Ambon ; yang masuk dalam indikator arah pembangun trasformasi digital dan arah kebijakan peningkatan Utilisasi dan pemanfaatan TIK pada sektor perioritas dlm RPJPD 2025-2045 Kota Ambon. Pungkasnya (V374)

×
Berita Terbaru Update