Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

UT Ambon Pastikan UKT Tetap Stabil dan Terjangkau

Kamis, 30 Mei 2024 | 12:10 WIT Last Updated 2024-06-12T10:56:20Z

Foto: UT Ambon Pastikan UKT Tetap Stabil dan Terjangkau

AMBON, Globaltimur.com Di tengah ramainya kabar kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di berbagai perguruan tinggi negeri di Indonesia, Universitas Terbuka (UT) Ambon menegaskan tidak akan menaikkan UKT. 


“Tidak ada kenaikan UKT di UT Ambon. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir uang kuliah di UT tetap stabil. Biaya kuliah di UT sangat terjangkau. Bahkan kami istilahkan untuk biaya kuliah terendah di UT cukup menabung 7.500 rupiah per hari sudah bisa membayar uang kuliah untuk satu semester bagi mereka yang mengambil sistem paket semester (Sipas) dan itu sudah termasuk buku materi pokok atau biasa disebut modul,” jelas Direktur UT Ambon, Yuli Tirtariandi El Anshori dalam keterangan tertulis yang diterima Globaltimur.com, Ambon, Kamis (30/5/24).


Kata Yuli, pendidikan inklusif menjadi kepedulian utama UT untuk masyarakat Maluku. Meski biaya kuliah tergolong murah, kualitas pendidikan tetap dijaga dengan standar mutu yang tinggi. Semua program studi, baik di jenjang Diploma, Sarjana, Magister, hingga Doktoral, telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan akreditasi A atau B. Bahkan, empat program studi di UT sudah terakreditasi internasional, yaitu S1 Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, dan Ilmu Hukum.


“Soal biaya pasti terjangkau. Di UT juga untuk admisi atau pendaftaran awal hanya 100 ribu rupiah, tidak ada uang gedung, sumbangan pengembangan institusi atau biaya lainnya," terangnya.


Tidak hanya itu, lanjutnya, untuk program diploma dan sarjana tidak ada tes masuk. Yang penting punya ijazah SLTA sederajat termasuk Paket C bisa menjadi mahasiswa UT, dan tidak melihat tahun ijazah dari SLTA ataupun Paket C tersebut.


Diketahui, UT Ambon saat ini membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk program Sarjana dan Diploma Semester 2024/2025 Ganjil hingga 7 Agustus 2024 untuk jalur umum (lulusan SLTA sederajat termasuk berijazah Paket C). 


Sementara untuk jalur RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) atau alih kredit, pendaftaran dibuka hingga 10 Juli 2024. Terdapat puluhan program studi yang ditawarkan di berbagai fakultas seperti Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).


Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran bagi calon mahasiswa dapat dilihat di laman ambon.ut.ac.id atau melalui nomor layanan 081240791988. 


Pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui laman admisi-sia.ut.ac.id. Calon mahasiswa juga bisa datang langsung ke Kantor UT Ambon di Jl. Wolter Monginsidi, Lateri, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, atau melalui Pengurus Kelompok Belajar dan Sentra Layanan UT yang tersebar di 11 kabupaten/kota se-Maluku.


Dengan biaya yang tetap terjangkau dan kualitas pendidikan yang tinggi, UT Ambon terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan inklusif bagi seluruh masyarakat Maluku. (DLN)

×
Berita Terbaru Update