Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Peringati HUT Persaja ke-73, Kejaksaan Tinggi Maluku Meriahkan Acara dengan Rangkaian Kegiatan

Senin, 06 Mei 2024 | 15:43 WIT Last Updated 2024-05-06T06:43:21Z

 

Foto: upacara HUT ke-73 Persaja dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Agoes Soenanto Prasetyo, SH, MH

AMBON, Globaltimur.com - Kejaksaan Republik Indonesia di seluruh Indonesia bersama-sama merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja). 


Di Kejaksaan Tinggi Maluku, peringatan ini diselenggarakan dengan semarak melalui rangkaian kegiatan yang berlangsung sepanjang hari, Senin (6/5/24).


Acara dimulai dengan Upacara Peringatan HUT Persaja ke-73 di halaman kantor Kejati Maluku pada pukul 07.30 WIT. Upacara tersebut dipimpin oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Agoes Soenanto Prasetyo, SH, MH, dan dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan serta para pegawai baik Jaksa maupun Tata Usaha.


Setelah upacara, dilanjutkan dengan gelar Bakti Sosial berupa pembagian Sembako kepada masyarakat di halaman kantor Kejaksaan Tinggi Maluku pada pukul 09.00 WIT.


Foto: pembagian Sembako kepada masyarakat di halaman kantor Kejaksaan Tinggi Maluku 

Pembagian sembako dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, dan para Asisten.


Kegiatan tidak berhenti di situ, karena usai Bakti Sosial, dilangsungkan syukuran HUT Persaja pada pukul 10.00 WIT. Acara syukuran tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, sebagai ungkapan rasa syukur atas perjalanan Persaja yang telah mengabdi selama 73 tahun.


Foto: syukuran HUT Persaja ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku

HUT Persaja ke-73 tahun 2024 ini diusung dengan tema “PERSAJA Siap Melaksanakan Transformasi Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas 2045”, menegaskan komitmen Persaja dalam menjawab tantangan penegakan hukum di era yang semakin modern.


Sejarah perjalanan Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA) juga turut disoroti dalam acara tersebut.


Berawal dari Persatuan Djaksa-Djaksa Seluruh Indonesia (PERSADJA) pada tahun 1993, PERSAJA terus berkembang seiring dengan perubahan zaman dan tuntutan profesionalisme.


Dalam perjuangannya, Persadja telah menorehkan sejumlah prestasi, seperti dukungan terhadap kepemimpinan Jaksa Agung serta perjuangan terkait penyesuaian gaji dan kedudukan para Jaksa. 


Selain itu, peran Persadja dalam mendirikan Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) juga diakui sebagai langkah penting dalam menjaga marwah profesi.


Dari catatan sejarah tersebut, dapat dilihat bagaimana PERSAJA hadir dalam menjaga marwah institusi Kejaksaan Republik Indonesia sekaligus juga untuk meneruskan perjuangan dan pengabdian Jaksa dalam pelaksanaan tugas luhur nan mulia sebagai pengawal kebenaran dan keadilan, menjunjung tinggi hak asasi manusia, serta berpegang teguh pada sumpah jabatan dan Tri Krama Adhyaksa.


Dengan semangat dan dedikasi yang terus berkobar, Persatuan Jaksa Indonesia (PERSAJA) siap melangkah ke depan untuk terus berkontribusi dalam menjaga keadilan dan penegakan hukum di Indonesia. (DLN)

×
Berita Terbaru Update