Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Atamimi Buka Bimtek Analisis Situasi Konsumsi Pangan Dan PPH ProvMal, Ini Pesan-nya

Rabu, 03 April 2024 | 16:32 WIT Last Updated 2024-04-03T07:57:35Z

Foto : Plt. Kadis Dinas ketahanan pangan ProvMal buka giat Bimtek

Ambon
- Globaltimur.com - Kegiatan Bimtek Analisis Situasi Konsumsi Pangan Dan Polda Pangan Harapan (PPH) tingkat Provinsi Maluku tahun 2024 di buka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku Dr. SG. Agr, drh, Faradilah Atamimi. MTAPSc.


Kegiatan tersebut di gelar Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Maluku pada Manise Hotel lantai V, pukul 14 : 00 Wit, denganemghadirkan Nara sumber dari BPS Provinsi Maluku Yusuf Tatar Mangaraksa.SST. M. Stat. Rabu 03/04/2024


Atamimi dalam sambutannya saat membuka kegiatan mengatakan" Hal ini di pandang sangat penting karena analisis ini merupakan salah satu indikator di dalam mengukur keberhasilan program tekanan pangan.


Foto: Bimtek Analisis Situasi Konsumsi Pangan Dan Polda Pangan Harapan (PPH) tingkat Provinsi Maluku

Katanya" adapun hasil yang diperoleh masyarakat yang dapat menggambarkan sejauh mana akses masyarakat terhadap pangan status gizi dan kesejahteraannya yang dinyatakan dalam nilai skor mutu pangan atau skor pola pangan.


Di sampaikan ya juga sebuah harapan agar nantinya bisa di jelaskan dalam pemaparan materi, sama seperti waktu kemarin yang sudah di sampaikan oleh sejumlah ibu - ibu saat menerima materi, apakah di pakai 75 poin ataukah sekarang sudah mencapai 95 poin karena jika 75 poin itu juga lumayan besar, dan jika di butuhkan hanya 75 maka itu adalah sebuah tanggung jawab semakin besar lagi. Hatapnya


Atamimi menguraikan" setidaknya ada tiga hal yang menjadi alasan penting dilaksanakannya bimtek ini yaitu pertama memantapkan kesamaan persepsi tentang data konsumsi pangan yang bersumber dari data-data susenas.


Kemudian memantapkan komitmen Pemerintah Pusat pemerintah daerah kabupaten kota semaluku di dalam meningkatkan kualitas pangan yang memenuhi unsur beragam, bergizi, seimbang dan aman.


Dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan aparatur Pemerintah lingkup ketahanan pangan dalam melakukan analisis konsumsi pangan dan pola pangan serta harapan.


Atamimi juga menjelaskan bahwa" kegiatan analisis konsumsi pangan penduduk merupakan suatu kesatuan dalam rangkaian kegiatan untuk mengetahui situasi konsumsi pangan penduduk dan meningkatkan pengetahuan keterampilan dan perubahan sikap masyarakat dalam rangka mewujudkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang.


Hal ini di katakannya karena merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur pencapaian kualitas konsumsi pangan itu adalah melalui pencapaian skor yang di sebutkan PPH atau lapangan pola konsumsi pangan yang ideal digambarkan dengan skor yang 100 kalau sempurna untuk mengetahui konsumsi energi dan PPH yang ideal perlu diimbangi dengan peningkatan konsumsi kelompok pangan umbi-umbian dan sumber karbohidrat lainnya.


Atamimi menambahkan bahwa" hal itu guna mengurangi ketergantungan terhadap beras selain itu konsumsi buah dan sayuran serta pangan hewani sebagai sumber vitamin protein dan mineral. Ucapnya


Mengingat pentingnya kegiatan ini di dalam menghasilkan data analisis konsumsi pangan dan pola lapangan harapan maka pihaknya sangat berharap agar semua peserta dalam mengikuti bimtek ini hendaknya dilaksanakan dengan sangat baik. Pungkasnya (V374)


×
Berita Terbaru Update