Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Jadi Sektor Unggulan, Pemkab Malteng Fokus Kembangkan Pariwisata

Rabu, 20 Maret 2024 | 22:19 WIT Last Updated 2024-03-20T13:19:38Z

Foto : Kadis Pariwisata Maluku Tengah Drs. J. R. Wattimena. M.Si
 
Malteng
- Globaltimur.com - Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, yang diharapkan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat.


Menurut Kepala Dinas Pariwisata Maluku Tengah, J.R Wattimena, Rabu (20/3/2024) bahwa pihaknya terus mendorong pengembangan pariwisata dengan melakukan berbagai program guna meningkatkan kunjungan wisatawan.


Tercatat ada dua destinasi wisata yang menjadi prioritas pemerintah di tahun 2024 yakni destinasi wisata Pantai Natsepa yang merupakan pintu masuk Kabupaten Maluku Tengah, dan wisata Banda Naira yang berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku dalam hal aksesibilitas demi peningkatan kunjungan wisatawan.


"Meski demikian, kami juga tidak mengabaikan perkembangan dan pengembangan daerah tujuan wisata yang dikelola oleh peroranga, desa maupun kelompok-kelompok masyarakat yang jumlahnya sangat banyak di Maluku Tengah," ujar Kadis.


Dikatakan, pemerintah melalui Dinas Pariwisata intens membangun kolaborasi dengan masyarakat pelaku industri pariwisata untuk membangun pariwisata di Maluku Tengah melalui berbagai pelatihan dengan menyasar beberapa kecamatan seperti Banda, Leihitu, Leihitu Barat hingga Saparua. Dampak positifnya, pengembangan pariwisata semakin baik, dan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan.


"Kita beri pelatihan bagi pelaku wisata baik itu pelatihan management, pengelolaan homestay, pelatihan bagi pelaku kuliner dan ekonomi kreatif lainnya," jelasnya.


Diharapkan melalui kolaborasi bersama, pengembangan pariwisata di Maluku Tengah semakin baik dan memberikan multiplayer efek bagi masyarakat lokal dan berujung pada peningkatan perekonomian. (Yan)

×
Berita Terbaru Update