Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Personel Sat Polairud Polres MBD Gelar Pengamanan Pelabuhan Laut

Selasa, 28 November 2023 | 20:26 WIT Last Updated 2023-11-28T11:26:21Z

MBD - Global Timur News - Dalam setiap kegiatan kedatangan dan keberangkatan kapal pada Dermaga Pelabuhan Laut Kaiwatu, personel Satuan Polairud Polres MBD menempatkan personilnya di areal Pelabuhan untuk melakukan pengamanan Embarkasi dan Debarkasi saat kedatangan Kapal Penumpang KM. Sabuk Nusantara 71 yang tiba di Dermaga Pelabuhan Laut Kaiwatu sekitar pukul 08.40 Wit pada Selasa pagi (28/11/2023). 

Kegiatan Pengamanan kali ini dilakukan Personel Satuan Polair Bripka Hendri Rahalus bersama personel Pos KPPP Polres MBD amankan dermaga saat kapal berlabuh di Pelabuhan Laut Kaiwatu, hal ini bertujuan untuk melakukan pengawasan aktifitas penumpang saat Embarkasi dan Debarkasi di areal Pelabuhan dalam upaya menjaga Kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Kegiatan berlanjut pukul 10.15 Wit personel Satuan Polair Bripka Rahalus melakukan pemeriksaan pada 1 unit kapal nelayan KLM. Elyora yang berlabuh di perairan pantai Desa Kaiwatu, kegiatan pemeriksaan dimulai dari keabsahan kelengkapan dokumen kapal berupa SIB (Surat Izin Berlayar), SIPI (Surat Izin Penangkapan Ikan) serta dokumen lainnya tidak menyalahi ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Bripka Hendri Rahalus juga mengecek para awak kapal dengan Nakhoda sdr. Hanok Wolantery beserta keenam orang ABK serta menghimbau warga nelayan untuk tidak mengkonsumsi minuman keras ataupun obat terlarang / narkotika yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain, saat melakukan kegiatan penangkapan ikan hendaklah mengutamakan keselamatan, alat keselamatan seperti live jacket tetap tersedia dikapal sesuai jumlah penumpang yang ada, tidak diperbolehkan menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, bahan peledak ataupun bahan kimia karena akan membahayakan diri sendiri serta berhadapan dengan sanksi hukum. 

Terkait hal tersebut Kaporles Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno kepada wartawan di Tiakur mengatakan, langkah-langkah yang dilakukan Personel Satuan Polairud saat melakukan kegiatan Kepolisian baik saat pengamanan di dermaga maupun saat melakukan pemeriksaan pada kapal nelayan menunjukkan bahwa Polri tetap konsisten menegakkan aturan hukum disamping perlunya pengimbangan pelayanan Polri yang humanis kepada masyarakat dengan memberikan himbauan serta pesan-pesan kamtibmas yang bertujuan agar masyarakat sadar hukum. 

Lebih lanjut Kasi Humas menjelaskan, dengan adanya kehadiran personel Polri ditengah-tengah masyarakat dapat menciptakan suasana yang aman dan nyaman terhadap para penumpang yang melakukan aktifitas di dermaga, selain meningkatkan silaturahmi diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik terhadap masyarakat ketika menyampaikan himbauan ataupun pesan-pesan kamtibmas. 

“Pengamanan yang dilakukan oleh personel Satuan Polairud Polres MBD merupakan upaya Polri dalam mendekatkan diri kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan dan pengamanan di Dermaga Pelabuhan Laut dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Tutup Kasi (V374)

×
Berita Terbaru Update