Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Bhabinkamtibmas Sambangi Sekolah, Ingatkan Para Guru Pentingnya Mencegah Bullyng

Selasa, 28 November 2023 | 20:34 WIT Last Updated 2023-11-28T11:34:13Z
Bhabinkamtibmas

MBD - Global Timur News - Sebagai seorang petugas Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugasnya dalam upaya meningkatkan pelayanan secaraefektif dan efesien kepada masyarakat dengan memberikan pesan-pesan kamtibmas dan bersosialisasi dengan masyarakat agar dapat terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Kali ini Bhabinkamtibmas Polsek Mdona Hyera Briptu Mixan de Fretes melaksanakan program pembinaan melalui kegiatan Sambang dengan mendatangi para guru di Sekolah SMK Perikanan Kecamatan Mdona Hyera Kabupaten Maluku Barat Daya pada Selasa siang (28/11/2023).

Dalam pertemuan tersebut Bhabinkamtibmas memberikan pemahaman terkait dengan maraknya terjadi perbuatan Bullying yang diartikan sebagai segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Bhabinkamtibmas juga meminta kepada para guru agar mendidik siswa-siswi untuk menghindarkan diri dari perbuatan tersebut karena akibat dari perbuatan yang dilakukan dapat mengakibatkan resiko yang berdampak pada pelanggaran hukum yang pada akhirnya dapat merugikan diri sendiri ketika berhadapan dengan hukum.    

Pada tempat berbeda Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K. melalui Kasi Humas ipda Wempi R. Paunno kepada wartawan di mengatakan, Kegiatan  pembinaan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas terhadap masyarakat sekolah adalah merupakan tindakan preemtif atau peringatan dini kepada para guru maupun siswa-siswi untuk mengantisipasi adanya bahaya yang ditimbulkan apabila melakukan pelanggaran hukum dilingkungan sekolah baik antara sesama siswa maupun antara guru dengan siswa.

“Maraknya perbuatan Bullying yang terjadi pada lingkungan sekolah kerap kali dapat terjadi, anak-anak yang beranjak remaja kadangkala menjadi korban Bullying dari temannya sendiri, adanya perbuatan ancaman secara verbal maupun fisik berupa perundungan atau perilaku yang tidak menyenangkan baik secara langsung ataupun melalui dunia maya yang dilakukan oleh seseorang sebagai bentuk penindasan, penghinaan ataupun pengucilan terhadap orang lain dapat berakibat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan. “ tutur Kasi Humas.

Kasi Humas juga menambahkan, “ Sesuai penegasan Pimpinan bahwa untuk mengantisipasi terjadinya praktek bullying di sekolah, ada beberapa faktor penting yang perlu dilakukan guna mencegah terjadinya bullyng diantaranya : a). Merancang dan membuat desain program pencegahan yang berisikan pesan kepada murid bahwa perilaku bully tidak diterima di sekolah dan membuat kebijakan “anti bullyng”.     b). Membangun komunikasi efektif antara guru dan murid    c). Diskusi dan ceramah mengenai perilaku bullyng di sekolah      d). Menciptakan suasana lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan kondusif.     e). Menyediakan bantuan kepada murid yang menjadi korban bully dan   f). Melakukan pertemuan berkala dengan orangtua atau komite sekolah.

“Untuk mencegah terjadinya pelanggaran hukum dilingkungan sekolah, diperlukan peran nyata dari Polri dalam upaya mendekatkan diri dengan masyarakat sekolah dalam melaksanakan tugas-tugas pembinaan yang telah diprogramkan secara sistimatis sehingga dengan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Tutup Kasi Humas (V374)

×
Berita Terbaru Update