Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Buka Taklimat Awal Audit Itjenad, Kasdam Pattimura Tekankan Untuk Berikan Data yang Valid

Senin, 01 Juli 2024 | 21:49 WIT Last Updated 2024-07-01T12:49:46Z

Foto : Kasdam XV/Pattimura 

Ambon
- Globaltimur.com - Kasdam XV/Pattimura Brigjen TNI Dr. Nefra Firdaus, S.E., M.M., mewakili Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., membuka  taklimat awal audit kinerja Inspektorat Jenderal Angkatan Darat (Itjenad) di Satuan jajaran Kodam XV/Pattimura, bertempat di ruang Yudha Makodam, Senin (1/7/2024).


Dalam sambutannya, Kasdam menyampaikan, ucapan selamat datang kepada Ketua dan anggota tim audit kinerja Itjenad, yang akan melaksanakan audit di Satuan jajaran Kodam XV/Pattimura, “Semoga pelaksanaan tugas tim audit kinerja Itjenad dapat berjalan dengan lancar dan mencapai sasaran yang telah direncanakan,” ujarnya.


Kasdam menjelaskan, audit kinerja merupakan salah satu fungsi penting dalam pengawasan terhadap kinerja dan pengelolaan anggaran, guna mengidentifikasi dan mencegah sedini mungkin terjadinya penyimpangan atau kesalahan yang tidak perlu terjadi, “Hal ini sangat penting dilakukan, dalam rangka mewujudkan kinerja Satuan dan pengelolaan anggaran yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel,” tambahnya.


Kepada para Asisten, Dansat, dan Kabalak yang menjadi obyek pemeriksaan tim audit kinerja Itjenad, Kasdam menekankan, untuk memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap pelaksanaan kegiatan audit di Satuan masing-masing. "Berikan bahan, data, maupun informasi yang valid dan akuntabel yang diperlukan, serta dukung tugas tim audit kinerja Itjenad dengan sepenuhnya," tegasnya.


Sementara itu, Ketua Tim Audit Itjenad Brigjen TNI Agus Firman Yusmono, S.I.P., M.Si., menjelaskan bahwa, kegiatan audit kinerja Inspektorat TNI AD merupakan kegiatan independen dan objektif yang dirancang untuk memberikan nilai tambah, guna meningkatkan operasional dan kinerja dalam mewujudkan tujuan organisasi.


"Ruang lingkup kegiatan pada audit kinerja TA. 2024, melaksanakan pengawasan terhadap program kerja dan anggaran TA. 2023 yang telah dilaksanakan, serta pengawasan program kerja dan anggaran TA. 2024 yang sedang berjalan," katanya.


Lanjut disampaikan ketua tim, audit kinerja ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan pendapat, mengenai kewajaran laporan berdasarkan bukti-bukti yang diperoleh, sehingga tidak terdapat temuan yang berulang, dan kedepannya kinerja Satuan akan lebih baik. 


Pada program kerja pengawasan TA. 2024, Ketua Tim menjelaskan, Inspektorat TNI AD akan melaksanakan audit kinerja tahun 2024, dengan menggunakan penggabungan metode current dan post audit. Sasaran audit adalah tata kelola organisasi dan kinerja serta pertanggungjawaban keuangan.


Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan dari Waasrendam XV/Pattimura Letkol Inf Ricad Harisab, S.I.P., M.I.P., mewakili Asrendam XV/Pattimura Kolonel Czi Harry Praptomo, S.H., M.H., tentang hal menonjol mengenai Progjagar TA. 2023 dan paparan Irutben Itdam XV/Pattimura Kolonel Inf Anton Siswanto, mewakili Irdam XV/Pattimura Brigjen TNI Muhammad Ali, S.H., tentang hasil pengawasan Itdam XV/Pattimura sebagai penutup acara pembukaan taklimat awal audit kinerja Itjenad TA. 2024 (V374)

×
Berita Terbaru Update