Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Anggota Koramil 1513-02/Taniwel Ajak Warga Desa Patahuwe Bakti Bersama

Jumat, 28 Juni 2024 | 13:50 WIT Last Updated 2024-06-28T04:50:28Z

Foto : Anggota Koramil 1513-02/Taniwel ajak warga desa kerja bakti antisipasi cuaca buruk

Taniwel
- Globaltimur.com - Kegiatan yang penuh semangat dan kebersamaan dilaksanakan di Desa Patahuwe. Anggota Koramil 1513-02/Taniwel bersama dengan warga masyarakat desa setempat melakukan kerja bakti. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya preventif mengingat curah hujan yang sangat tinggi di daerah tersebut, yang dapat meningkatkan risiko penyebaran penyakit, khususnya malaria. Jumat 28/06/2024.


Curah hujan yang tinggi di Desa Patahuwe telah menyebabkan genangan air di berbagai tempat. Kondisi ini menjadi habitat yang ideal bagi nyamuk penyebab malaria untuk berkembang biak.


Sebagai langkah antisipatif, anggota Koramil 1513-02/Taniwel dan warga masyarakat Desa Patahuwe memutuskan untuk mengadakan kerja bakti. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membersihkan lingkungan dari genangan air serta menghilangkan tempat-tempat yang dapat menjadi sarang nyamuk.


Selain itu, kegiatan kerja bakti ini juga bertujuan untuk memperkuat hubungan antara TNI dan masyarakat setempat. Dengan bekerja bersama-sama, diharapkan dapat tercipta rasa kebersamaan dan gotong-royong dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.


Sebelum kegiatan dimulai, anggota Koramil 1513-02/Taniwel telah melakukan koordinasi dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat setempat. Sosialisasi mengenai pentingnya kerja bakti dan langkah-langkah pencegahan malaria telah dilakukan beberapa hari sebelumnya. Para warga desa sangat antusias menyambut kegiatan ini, karena mereka menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi kesehatan bersama.


Pada pagi hari Jumat, 28 Juni 2024, seluruh peserta berkumpul di halaman balai desa untuk mendapatkan pengarahan. Danramil 1513-02/Taniwel, Kapten Infantri  DH  pellu memberikan sambutan dan menjelaskan rencana kerja bakti. Beliau menggarisbawahi pentingnya kerja sama dan semangat gotong-royong dalam kegiatan ini.


Setelah pengarahan, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membersihkan area-area yang telah ditentukan. Beberapa kelompok bertugas membersihkan saluran air, sementara yang lain fokus pada pembersihan sampah di sekitar pemukiman dan fasilitas umum.


Kerja bakti ini berlangsung dengan penuh keceriaan dan kebersamaan. Setiap kelompok bekerja dengan penuh semangat, saling membantu satu sama lain. Tidak ada rasa canggung antara warga dan anggota Koramil, semua berbaur menjadi satu untuk mencapai tujuan bersama, yaitu lingkungan yang bersih dan sehat.


Kegiatan kerja bakti yang dilakukan di Desa Patahuwe memberikan dampak positif yang signifikan. Selain lingkungan yang menjadi lebih bersih, kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Genangan air yang berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk penyebab malaria berhasil dikurangi.


Selain itu, kegiatan ini juga mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat setempat. Warga merasa lebih dekat dan akrab dengan anggota Koramil 1513-02/Taniwel. Rasa kebersamaan dan gotong-royong yang tercipta selama kegiatan ini diharapkan dapat terus terjaga di masa depan.


Dampak jangka panjang dari kegiatan ini adalah terciptanya lingkungan yang lebih sehat dan terbebas dari penyakit. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, risiko penyebaran penyakit seperti malaria dapat diminimalisir. Anak-anak dapat bermain dengan aman tanpa khawatir terserang penyakit, dan warga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lebih nyaman.


Kerja bakti yang dilaksanakan oleh anggota Koramil 1513-02/Taniwel bersama warga masyarakat Desa Patahuwe pada hari Jumat, 28 Juni 2024, adalah contoh nyata dari semangat gotong-royong dan kebersamaan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung berupa lingkungan yang lebih bersih, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan untuk kesehatan.


Kerja sama antara TNI dan masyarakat dalam kegiatan ini menunjukkan bahwa dengan bergotong-royong, kita dapat menghadapi berbagai tantangan, termasuk ancaman penyakit. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan mereka. (Yan)

×
Berita Terbaru Update