Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Wakil Bupati Muchlis Tapi Tapi S.Ag Melepaskan 100 Calon Jamaah Haji Asal Halmahera Utara

Jumat, 17 Mei 2024 | 12:24 WIT Last Updated 2024-05-17T03:24:14Z

Foto : wakil bupati halut

Halut
- Globaltimur.com - Seratus orang Robongan Calon Jamaah Haji Asal Kabupaten Halmahera Utara pada Musim Haji 1445 H/2024 M resmi dilepas oleh Wakil Bupati Halut Muchlis Tapi Tapi S.Ag, di Lapangan Apel Kantor Bupati Halut, Jalan KawasanPemerintahan, Desa MKCM Kecamatan Tobelo.  Jum'at (17/05/2024). Pukul 08.30 wit.


Menghadiri kegiatan, Wakil Bupati Kab. Halmahera Utara Muchlis Tapi Tapi S.Ag, Dandim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S.E, Kajari Halut Muhammad Ahsan Thamrin, S.H,M.H, Mewakili Kapolres Halut Kabag Ops Polres Halmahera Utara Kompol Johanis Setiawan Aipipidely S.E, Kepala Sub Bagian Kemenag Kab. Halut Hi. Rustam Djafar, Para staf Ahli Bupati, para Asisten Setda Bupati dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Halut, Imam Masjid Agung Al- Amin Ustadz Ahmad Almuzawah S.Pd.I, Ketua MUI Kab. Halmahera Utara Ustadz Husain Horu, S. Fil.I, Para calon Jema'ah Haji 1445 H/2024 M beserta keluarga sekitar 800 orang.


"Kepala staf penyelenggara Haji dan Umroh Drs. Hi. Lutfi Bakence dalam laporannya menyampaikan," garis besar tentang proses penyelenggaraan Haji di Kabupaten Halmahera Utara, untuk kuota Hj Tahun ini. Kabupaten Halmahera Utara sebanyak 100 orang Calon Jemaah Haji, dengan pembagian berdasarkan Kecamatan di Kabupaten Halmahera Utara Yakni: Kecamatan Tobelo 21 orang, Kecamatan Tobelo Utara 5 Orang, Kecamatan Tobelo Barat 7 orang', Kecamatan Tobelo tengah 1 orang, kecamatan Galela 6 orang, kecamatan Galela barat 7 orang, kecamatan Galela selatan 8 orang, kecamatan Galela Utara 11 orang, kecamatan malifut 22 orang', kecamatan Kao Teluk 4 orang, kecamatan Kao 1 orang, kecamatan Utara 1 orang, Kecamatan Kao Barat 3 orang, Kecamatan Loloda Kepulauan 3 orang. Dengan rincian jumlah kaki kaki 38 orang dan perempuan 62 orang.


Dalam keberangkatan jemaah haji pada tahun ini dengan usia termudah berumur 36 tahun atas nama Nurlia Laali alamat Desa Rawajaya, dan usia tertua berumur 84 tahun, atas nama La Ali alamat Desa Rawajaya, katanya.


Jema'ah Calon Haji Kab Halmahera Utara yang tergabung dalam Kloter 41 dan 13 Embarkasi UPG/Makassar, Pemberangkatannya diatur Sebagai Berikut :  Berangkat dari Tobelo ke Ternate tanggal 17 Mei Tahun 2024, Ternate Ke-Makaasar Tanggal 19 Mei Tahun 2024 & Tiba Makassar Tanggal 19 Mei Tahun 2024 Masuk Asrama Haji Sudiang Makassar Tanggal 19 Mei 2024, Berangkat dari Makassar Ke Madinah tanggal 20 Mei 2024 ) & Dan Jemaah tiba kembali di Indonesia pada bulan Juli 2024, pungkasnya.


Demikian secara garis besar berbagai persiapan yang telah dilakukan, dan selanjutnya kepada Bapak Bupati selaku Koordinator Penyelenggara Haji Kab.Halmahera Utara, kami Laporkan bahwa Calon Jama'ah Haji Kabupaten Halut Tahun 2024 telah siap untuk diberangkatkan, ujarnya.


Kepada Pemerintah Kab. Halut dan seluruh Instansi terkait yang telah memberikan partisipasi dan kerjasamanya demi kelancaran Penyelenggaraan Operasional Haji di Kabupaten Halmahera Utara, terima kasih khusus juga kepada Panitia Daerah Kabupaten Halmahera Utara atas kerjasamanya sehingga acara dapat terlaksana, harapnya.


"Mewakil Bupati Halut selaku Koordinator Penyelenggara Haji Kab.Halmahera Utara, Wakil Bupati Muchlis Tapi Tapi menyampaikan sambutan sekaligus melepaskan Calon Jemaah Haji ditandai dengan penyerahan Bendera lambang Daerah kepada perwakilan Calon Jemaah Haji." 


Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara, mengucapkan selamat kepada Saudara-saudara yang pada musim haji tahun ini mendapat berkah yang luar biasa, yakni mendapat giliran menunaikan Ibadah Haji diantara ribuan pendaftar Haji yang masih harus bersabar menunggu sesuai giliran urutan “waiting list”. Hal ini sangat patut untuk disyukuri, karena mendapat kesempatan untuk beribadah Haji. Semua ini merupakan hidayah yang Tuhan berikan hanya kepada hamba-hambanya yang terpilih, pungkasnya. 


Muchlis juga mengatakan Pelaksanaan Ibadah Haji merupakan rangkaian ibadah keagamaan yang telah dijamin dalam Undang-Undang. Oleh karena itu, Pemerintah bertanggung jawab atas penyelenggaraan Ibadah Haji sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Berdasarkan amanah Undang Undang tersebut, Pemerintah memiliki kewajiban untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada Jemaah Haji. 3 kewajiban ini harus didapatkan oleh setiap Jemaah Haji sejak Jemaah Haji terdaftar sebagai Calon Jemaah Haji sampai kembali ke tanah air.


Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat, turut serta bertanggung jawab memberikan pelayanan kepada Jemaah Haji di daerah. Keberangkatan para Jamaah Calon Haji ini juga merupakan awal dari rangkaian perjalanan ibadah haji dengan niat mengharap berkat Allah. Tentunya dibalik semua perjalanan ibadah haji ini jika Saudara-saudari mungkin akan mengakibatkan kelelahan, maka bersabarlah melewati rangkaian kelelahan itu. Yakinlah bahwa dibalik suka duka pelaksanaan ibadah haji tersebut ada kekuatan besar dan daya tarik tersendiri untuk memenuhi panggilan Tuhan Yang Maha Esa, ungkapnya. 


Pada Musim Haji tahun ini, yang perlu menjadi perhatian Jamaah Calon Haji yaitu terkait cuaca di wilayah makkah dan sekitarnya. Berdasarkan informasi dan himbauan dari kementrian agama RI bahwa, pada musim haji kali ini para Jamaah akan menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim yaitu musim panas terik sehingga terjadi kenaikan suhu sekitar 30-39 derajat celsius di Arab Saudi. Karena itu, saya menghimbau para Jemaah agar mewaspadai anomali cuaca dan memperhatikan kondisi kesehatannya dengan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, ujarnya. 


Ada beberapa hal yang sangat penting diperhatikan oleh Jamaah, bahwa melaksanakan rutinitas Ibadah Haji jika ditengah kondisi cuaca yang kurang bersahabat, sangat perlu disiasati oleh Jamaah dengan menghemat tenaga. Oleh sebab itu, jamaah perlu menjaga kebugaran tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi selama perjalanan agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama mengikuti perjalanan ibadah haji, Jelasnya. 


Perlu kami sampaikan, bahwa bersyukur tahun ini Pemerintah Kabupaten Halmahera utara melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah kembali menanggung dan memfasilitasi pemberangkatan dan pemulangan Jamaah Haji, mulai dari biaya transpor pergi-pulang dari Halmahera Utara menuju Ternate - Asrama Sudiang Makasar, lengkap beserta penyediaan makanan dalam perjalanan. 


Tentunya Keberpihakan Pemerintah Daerah ini mungkin belum seberapa besarnya, namun dibalik itu ada niat dari kami selaku kepala pemerintahan untuk sedikit meringankan beban saudara-saudara agar dapat lebih bersemangat dalam menunaikan Ibadah Haji, harapnya.


Untuk itu, Melalui kesempatan ini pula, saya berharap keberangkatan 100 orang para Jemaah Calon Haji Kabupaten Halmahera Utara selain untuk fokus melaksanakan berbagai rukun haji, juga diharapkan mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta Halmahera Utara yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat Islam dari seluruh penjuru dunia, karena itu pelihara dan jagalah martabat dan kebersamaan, serta hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain, pintanya.


Sebelum, mengakhiri sambutan ini saya ingin menitipkan harapan kepada Jamaah Haji Kabupaten Halmahera Utara, agar senantiasa mendoakan pemerintah dan daerah kita yang tercinta ini, agar menjadi semakin menjadi lebih baik. 


Akhirnya, marilah kita berdoa semoga saudara-saudara Jamaah Calon Haji dari Kabupaten Halmahera Utara ini nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan sebaik-baiknya, baik dalam perjalanan menuju tanah suci maupun selama berada di tanah suci hingga kembali ke kampung halaman dalam keadaan sehat wal'afiat dan semoga seluruh jemaah haji tahun ini khususnya Jamaah Haji dari Kabupaten Halmahera Utara setelah kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur...Amin, tururnya.


Dengan selalu mengharapkan pertolongan Tuhan YME pada hari ini, Jumat, bertepatan dengan tanggal 17 tuhan Yang Maha Esa, saudara-saudara sekalian Jamaah Calon Haji Kabupaten Halmahera Utara tahun 2024, saya nyatakan dilepas dengan resmi. Utara Sekian dan Terima kasih Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, tambahnya. (Yansen)

×
Berita Terbaru Update