Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Makan Patita Orang Basudara Batu Merah dan Passo, Di Hadiri Pj. Wali Kota Ambon

Sabtu, 18 Mei 2024 | 19:22 WIT Last Updated 2024-05-18T11:05:26Z


Foto : Pj. Wali kota Ambon hadiri makan patita orang Basudara batu merah dan passo


AMBON - Globaltimur.com - Kegiatan makan patita orang basudara Negeri Batu Merah,Negeri Paso dan Negeri Ema dilaksanakan di Aula Kantor Desa Negeri Batu Merah,sabtu (18/05/2024).


Kegiatan makan patita bersama Dengan moto"Merajut Silaturahmi Basudara Pela Negeri Paso dan gandong Negeri Ema"


Pj Wali kota Ambon Boedewin Wattimena dalam sambutannya menyampaikan bahwa, patut bagi kita untuk mengungkap syukur dan ungkapan terima kasih kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa,karena dalam ijinnya kita diberikan kesempatan bersama di hari ini untuk ada di Negeri Batu Merah.Untuk mengikuti kegiatan makan patita orang basudara,merajut silaturahmi orang basudara pela negeri Paso dan gandong negeri Ema.


Katanya, Pemerintah kota memberikan apresiasi kepada ketiga negeri dan panitia penyelenggara yang telah melaksanakan kegiatan ini,"tuturnya.


Ia juga menyampaikan, bahwa pemerintah kota memandang sungguh bahwa apa yang kita lakukan disaat ini adalah semata-mata cara kita untuk memberikan penghargaan dan berkomitmen, untuk terus menjaga nilai-nilai adat istiadat budaya peninggalan warisan leluhur kita,"jelasnya.


Menurutnya, walaupun kita semua hari ini tidak ada satu pun yang menjadi pelaku sejarah.Tetapi tugas kita, terus menjaga dan menghormati setiap proses sejarah yang telah dibuat oleh para leluhur kita.Sebab maknanya adalah kita harus meneruskan adat istiadat, tradisi budaya peninggalan leluhur dan nilai-nilai baik pela dan gandong, yang harus terus kita jaga,merawat dan  memeliharanya sebagai bagian dari pada upaya kita untuk terus membangun kota Ambon yang sama-sama kita cintai,"jelasnya.

Foto : Pj. Wali kota Ambon 

"Karena Hanya itu yang bisa membuat kita bersatu,kita terus bersaudara walaupun kita berbeda,tidak satu rahim tetapi kita bersaudara,"tandasnya


Ia juga menghimbau, banyak tantangan dan persoalan yang kita hadapi dalam upaya membangun kota ini,untuk itu cara yang paling tepat  kita harus terus menjaga keharmonisan kehidupan kita dan menjaga terus nilai-nilai budaya dan memastikan keamanan dan ketertiban terus kita jaga,"pungkasnya.


"Pemilukada sudah didepan kita, mari kita jaga keharmonisan kehidupan antar orang basudara di kota Ambon,"tutupnya.


Turut hadir dalam acara makan patita tersebut; Pj Gubernur Maluku,bpk Ir.Sadali,Anggota DPR RI, Ibu Sadia Uluputty, Forum koordinasi Pimpinan Provinsi Maluku dan kota Ambon, Anggota DPRD Provinsi Maluku  dan kota Ambon,Sekertaris daerah kota Ambon beserta pimpinan OPD   Pemerinta kota Ambon,Raja Negeri Batu merah,Ibu Raja Negeri Ema,dan Pj Pemerintah Negeri Paso,berserta seluruh perangkat Saniri 3 Negeri dan juga Tokoh Agama dan Tokoh-Tokoh Adat serta masyarakat.


Perlu diketahui dalam kegiatan makan patita bersama dimeriahkan dengan tarian-tarian adat dari 3 Negeri. (V374)

×
Berita Terbaru Update