Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Dandim 1504/Ambon Tekankan Netralitas ASN dalam Pilkada 2024 untuk Kondusifitas Kota Ambon

Selasa, 14 Mei 2024 | 22:43 WIT Last Updated 2024-05-14T13:51:02Z

 

Foto: Sosialisasi Netralitas ASN dilingkungan pemerintah Kota Ambon Menghadapi Pilkada 2024

AMBON, Globaltimur.com Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Leo Octavianus MS, S.Sos., M.I.Pol., menegaskan bahwa pentingnya netralitas ASN, yang merupakan salah satu komponen vital dalam menjaga kondusifitas selama pelaksanaan Pemilu. 


“Netralitas ASN, sejatinya lebih kepada KPU, Bawaslu, Kejaksaan Negeri, dan Kepolisian sebagai perangkat hukum dan penyelenggara Pemilu. Kami di sini mendukung dan bersinergi dengan kepolisian serta semua stakeholder untuk menciptakan situasi yang kondusif dalam penyelenggaraan Pilkada,” ujar Dandim 1504/Ambon, dalam acara Sosialisasi Netralitas ASN dilingkungan pemerintah Kota Ambon Menghadapi Pilkada 2024, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Ambon di Convention Hall Lantai II Maluku City Mall, Kota Ambon, pada Selasa (14/05/2024).


dirinya mengapresiasi pelaksanaan Pemilu sebelumnya di Kota Ambon yang berlangsung aman dan sukses tanpa adanya gangguan keamanan yang signifikan. 


“Beberapa bulan lalu, kita sudah melaksanakan proses Pemilu baik Pilpres dan Pileg. Khususnya di Kota Ambon, pesta demokrasi yang dilaksanakan pada bulan Februari 2024 berlangsung aman dan berhasil,” ungkapnya.


Ia juga mengingatkan bahwa netralitas ASN sangat penting untuk mencegah perpecahan di masyarakat. 


Lebih lanjut, Dirinya menegaskan, Sesuai dengan UU No 5 Tahun 2014 tentang Netralitas ASN, TNI dan Polri juga berkomitmen untuk tetap netral. 


Ia juga menekankan pentingnya konsistensi dalam menjaga netralitas untuk menciptakan situasi yang kondusif.


“Beda Pilihan Tapi Satu Tujuan,” katanya.


Katanya, TNI dan Polri telah melakukan pemetaan terhadap potensi-potensi konflik di wilayah tersebut sebagai langkah preventif. 


“Kami TNI dan Polri tidak ingin Kota Ambon dalam situasi dan kondisi kacau, Kami juga tidak akan berpihak pada salah satu calon, Harapan kami agar ASN dapat menggunakan hak pilihnya dan tetap netral sesuai dengan prosedur, ketentuan, dan aturan yang berlaku,” tegasnya.


Penutup acara diakhiri dengan penegasan dari Dandim bahwa TNI dan Polri terus mendukung Pemerintah Kota dan semua pihak agar proses Pilkada berjalan aman dan lancar.


“Kami terus mendukung Pemerintah Kota dan semua pihak, agar proses Pilkada ini berjalan aman dan lancar,” tutupnya.


Sebagai informasi, Acara ini turut dihadiri oleh Pj. Wali Kota Ambon, Ketua DPRD Kota Ambon, Ketua Kejaksaan Negeri Ambon, Kapolresta Pulau Ambon & Pulau-pulau Lease yang diwakili Kabag SDM Polresta P. Ambon & Pp. Lease, Ketua KPU Kota Ambon, Bawaslu Kota Ambon, Asisten 3 Pemerintahan Kota Ambon, serta Kepala Desa lingkup Pemerintahan Kota Ambon. (DLN)

×
Berita Terbaru Update