Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Dandim 1504/Ambon Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-207 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura

Kamis, 16 Mei 2024 | 15:35 WIT Last Updated 2024-05-16T06:36:33Z

 

Foto: Dandim 1504/Ambon Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-207 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura

MALTENG-SAPARUA, Globaltimur.com Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Leo Octavianus MS, S.I.P, M.I.Pol, menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-207 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura, bertempat di Lapangan Merdeka Saparua, Maluku Tengah, Rabu (15/05/2024).


Penjabat Gubernur Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa peringatan Hari Pattimura ke-207 tahun harus dijadikan spirit dan motivasi membangun daerah menjadi lebih baik. Perjuangan dan pengorbanan Kapitan Pattimura, Thomas Matulessy, Anthoni Rhebook, Said Perintah dan Christina Martha Tiahahu dan kawan-kawan saat itu telah memastikan generasi saat ini menikmati situasi damai dan aman seperti saat ini dan lepas dari kunjungan para penjajah.


"Perayaan hari pattimura menjadi perenungan bagi kita semua dalam menghayati spirit nilai-nilai kejuangan pattimura dan tidak boleh lapuk di telan zaman. Keberanian, rela berkorban, patriotisme dan cinta tanah air," kata Sahubawa.


Rakib berpesan agar selaku pattimura-pattimura muda masa kini perlu untuk terus menggelorakan dan menyalakan api perjuangan dan loyalitas dalam membangun daerah, bangsa dan negara. Semangat patriotik Pattimura yang menyala 207 tahun lalu mesti harus terus dikorbarkan oleh generasi muda saat ini.


Pesan Pattimura sebelum dieksekusi oleh penjajah Belanda saat itu bahwa Pattimura Pattimura Tua boleh Mati. Namun Pattimura Pattimura muda akan bangkit harus dimaknai secara tepat.


"Jika kita ilhami secara benar maka pesan Kapitan Pattimura bahwa Pattimura Pattimura Muda akan bangkit itu adalah kita saat ini. Kita memang tidak lagi berperang melawan penjajah. Namun semangat patriotik Pattimura harus terus menyala untuk membangun. Saya yakin api obor Pattimura yang terus menyala itu jika dijadikan semangat, maka tidak ada yang mustahil, semua tantangan pembangunan saat ini dapat kita tangani bersama untuk membangun dan melayani masyarakat di negeri Pamahanu Nusa ini," tutupnya.


Usai prosesi upacara perayaan HUT Pattimura ke 207 Tahun, Dandim 1504/Ambon bersama Penjabat Bupati Maluku Tengah dan Forkopimda Malteng melakukan penanaman pohon Cengkeh di depan Monumen Patung Pattimura yang berada di Lapangan Merdeka Saparua, Malteng.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Maluku Tengah dan OPD Malteng, Dandim 1504/Ambon, Wakapolresta P. Ambon & Pp. Lease, Kepala Kejaksaan Negeri Maluku Tengah, Camat Saparua, Camat Saparua Timur, Danramil 1504-03/Saparua, Kapolsek Saparua, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Raja Se-pulau Saparua, serta Ahli Waris Kapitan Pattimura. (Red)

×
Berita Terbaru Update