Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Operasi Ketupat Salawaku 2024: Polri Jaga Keamanan Idul Fitri di Maluku

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:47 WIT Last Updated 2024-03-29T05:51:19Z

Foto: Polda Maluku gelar pelatihan Pra Operasi Ketupat Salawaku tahun 2024 

Ambon, Globaltimur.com - Kepolisian Daerah Maluku telah mengumumkan rencananya untuk melaksanakan Operasi Ketupat Salawaku Tahun 2024 guna menjaga keamanan selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. 


Sebagai langkah persiapan, Polda Maluku telah menyelenggarakan pelatihan bagi para personel pada acara Rupattama Mapolda Maluku pada Kamis (28/3/2024).


Pelatihan Pra Operasi Ketupat Salawaku mengusung tema "Melalui Latihan Pra Operasi Kita Tingkatkan Kemampuan dan Profesionalisme Polri Dalam Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 Guna Memelihara Keamanan Dalam Negeri," yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan profesionalisme anggota Polri.


Karo Ops Polda Maluku, Kombes Pol Asep Saepudin, menyampaikan amanat dari Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, bahwa perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah merupakan salah satu momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia dan Provinsi Maluku. 


Dia mencatat bahwa masyarakat Maluku seringkali melakukan berbagai kegiatan religius seperti mudik lebaran, ziarah, berwisata, dan silaturahmi menjelang puncak lebaran.


"Untuk memastikan stabilitas keamanan menjelang, saat, dan pasca perayaan lebaran, Polri secara nasional, termasuk di wilayah hukum Polda Maluku, akan melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Ketupat Salawaku Tahun 2024," terangnya.


Operasi ini direncanakan akan berlangsung selama 13 hari, dari tanggal 4 April hingga 16 April 2024, dan melibatkan 7 Satgas, termasuk Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Gakkum, Satgas Tindak, Satgas Humas, dan Satgas Banops.


Selain itu, para personel yang terlibat dalam Ops Ketupat Salawaku 2024 diberikan himbauan oleh Direktur Polairud Polda Maluku, Kombes Pol Handoyo Santoso, untuk menyampaikan himbauan kamtibmas kepada masyarakat pesisir. 


"Hal ini dilakukan mengingat cuaca ekstrem belakangan ini di Provinsi Maluku, di mana seluruh personel Polda Maluku diharapkan dapat menghimbau masyarakat untuk berhati-hati, terutama bagi mereka yang akan melakukan perjalanan masuk dan keluar dari Provinsi Maluku serta antar Kabupaten Kota di wilayah tersebut," imbuhnya.


Dengan persiapan yang matang dan kolaborasi yang baik antara Polri dan masyarakat, Ia berharap Operasi Ketupat Salawaku 2024 dapat berjalan lancar dan berhasil menjaga keamanan selama perayaan Idul Fitri di Provinsi Maluku. (DLN)

×
Berita Terbaru Update