Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Forkopimda Halut Menghadiri Syukuran Natal Dan Tahun Baru, Muhabet Basudara Maluku (MBM)

Sabtu, 03 Februari 2024 | 17:21 WIT Last Updated 2024-02-22T01:39:40Z


Halut
- Global Timur News - Syukuran Perayaan Natal Tahun Baru (NATARU) Muhabet Basudara Maluku (MBM) Halmahera Utara, membawa kesan yang sangat luar biasa dengan Tema : "Kiaka O Tonaka Hutubu Gengoka O Dihanga Hatiki" ( Dimana bumi di pijak disitu langit dijunjung). Acara ini dilaksanakan di Desa Ruko/Kokota Jaya Kecamatan Tobelo Utara, Kabupaten Halmahera Utara. Sabtu (03/02/2024).
 

Hadir dalam kegiatan, Ketua Muhabet Basudara Maluku Jemi leatomu, Sekda Halut Drs. E.J. Papilaya, M.TP, Dandim 1508/Tobelo diwakili Oleh Pasi Log Kodim 1508/Tobelo Lettu Inf. Frans komea, Kapolres Halut diwakili Oleh Kabag Ops Polres Halut Kompol Johanes Apipidely SE, Kajari Halut diwakili Oleh Kasi Pidum Kejari Halut Asmin hamja, Mantan Bupati Kab. Sitaro Ibu Eva sasingen, Kadis DLH Halut Yudihard Noya, Ibu Bupati Halut Tina Lesnusa, Calon anggota DPRD RI Dapil Maluku Utara Sdr. Jeremi Supit, Camat Tobelo tengah Riani Totoro, Kades Kokota Jaya Tanrina Pangkey, Para Sesepuh Basudara Maluku serta Masyarakat Desa Ruko/Kokota Jaya. 




Ucapan selamat datang dari ketua Muhabet Basudara Maluku, Jemi Leatomu, "Kami atas nama ketua Muhabet Basudara Maluku mengucapkan selamat datang kepada Pimpinan Forkompinda Kabupaten Halmahera Utara atau yang mewakil serta tamu undangan yang hadir saat ini."

Mari kita laksanakan kegiatan syukuran ini dengan penuh dengan ceria damai dan suka cita di bumi hibualamo ini, ujar Jemi. 


Trima kasih kepada Pemerintah dan Masyarakat Desa Ruko/Kokita Jaya yang sudah memberikan waktu dan tempat untuk kami bisa melaksanakan kegiatan kami di tempat ini, kata Jemi. 




Semoga kegiatan ini bisa menjadi suatu makna penting dalam kebersamaan bagi kami orang-orang Maluku dan Orang-orang Halmahera, semoga bisa menjadi satu ikatan dalam tali persaudaraan hidup Orang Basudara Gandong, ungkap Jemi. 

Mewakili sesepuh Maluku Bpk. Yudihard Noya, dalam sambutannya mengatakan, "Saya ucapakan terima kasih kepada seluruh orang maluku yang berada di kabupaten Halmahera Utara dapat hadir ditempat ini, untuk melaksanakan kegiatan syukuran Natal dan Tahun baru.  




Yudihard Noya yang akrab disapa Nani, juga mengatakan, "Perlu kita ketahui bersama orang Maluku yang ada dikabupaten Halmahera Utara, bahwa Sejarah para pendahulu kita orang Maluku yang datang di Maluku Utara sekitar Tahun 1920 an dan mereka datang kesini untuk melayani dengan profesi mereka adalah guru dan lain sebagainya."

Mereka datang ke Maluku utara mempunyai motifasi yang tinggi, untuk melayani masyarakat dan tidak membeda-bedakan suku maupun Agama, kata Nani. 


Dan sampai saat ini mereka sudah beranak cucu dimaluku Utara, dan mereka sudah tidak kembali ke Maluku, karena mereka sudah mendarah daging di Maluku Utara, baik itu Agama Kristen maupun Muslim, ujar Nani. 


Oleh karena itu kami atas nama Muhabet Basudara Maluku di Tobelo, mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa Ruko/Kokota Jaya yang telah menerima kami disini untuk melaksanakan kegiatan syukuran Natal Dan Tahun Baru, ungkap Nani. 




Saya mau bilang terima kasih kepada para sesepuh Muhabet Basudara Maluku, dan mari kita jaga kedamaian di bumi Hibualamo tercinta ini, tutup Nani. 

Dalam kegiatan juga telah dihibur oleh Tarian kreasi yang dipersembahkan oleh Sanggar Gumi Guraci dan Anak pelajar Desa. Ruko/Kokota jaya, serta pemberian kasih dari Muhabet Basudara Maluku kepada Ibu-ibu Janda Desa Ruko/Kokota Jaya. (Yansen)

×
Berita Terbaru Update