Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Pemkot Ambon Salurkan Bantuan Pancing Tonda dan Mesin Motor Tempel kepada Nelayan Kecil

Rabu, 24 Januari 2024 | 06:54 WIT Last Updated 2024-02-28T04:44:48Z


Ambon
- Global Timur News - Dalam upaya meningkatkan produktivitas perikanan, Pemerintah Kota Ambon melalui Dinas Perikanan Kota Ambon menggelar acara penyerahan bantuan paket pancing tonda dan mesin motor tempel kepada nelayan kecil.

Acara tersebut berlangsung di bawah JMP (Galala) pada hari Selasa (23/1/24), dan dihadiri oleh koordinator penyuluh, pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon, camat, serta kepala desa yang telah membantu dalam fasilitasi acara ini.


Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon, Feby Maail dalam sambutannya menjelaskan, bahwa bantuan yang diserahkan kepada para nelayan meliputi 15 unit motor tempel dan 18 PK untuk perahu kapal. Selain itu, juga disediakan 15 paket pancing tonda lengkap, yang terdiri dari kapal pancing tonda, mesin tempel 18 PK, dan perlengkapan pancing tonda.


Adapun perlengkapan pancing tonda yang diberikan mencakup, jangkar bar ukuran 5Kg 1 buah per paket bantuan kelompoknya, tali jangkar ukuran diameter 12mili panjang 50 meter, Swivel ukuran 20 mili untuk jangkar 1 buah, tali labu ukuran 10 mili panjang 50 meter, life jaket ukuran dewasa standar 2 buah per satuan kapalnya, GPS 1 buah, kail atau mata pancing No. 6,7,8 masing-masing 6 buah, tasi monofilamen ukuran No. 300,500,700  masing-masing 4 ikat, balbal, Bering, swivel atau kili-kili No. 4,5 masing-masing 4 sachet, Loss penggulung ukuran 8C 6 buah, tima pemberat beberapa ukuran yang beratnya 1Kg, kawat Stenlease panjang 10 meter 4 sachet, dan tang penjepit atau untuk potong ukuran sedang 2 buah per paket perlengkapan untuk pancing tonda.


Paket mesin dan perlengkapan pancing tonda ini diberikan kepada kelompok nelayan yang tersebar di beberapa kecamatan, seperti Nusaniwe, Leitimur Selatan, Teluk Ambon Baguala, dan Teluk Ambon.


Feby juga menyampaikan bahwa meskipun hanya 15 kelompok yang menerima paket pancing tonda ini, sebenarnya terdapat sekitar 70 proposal yang diajukan. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah kota dapat memperkuat lagi dukungan kepada nelayan dengan mengadakan unit pancing tonda lengkap atau pengadaan mesin.


Sementara, Pj. Walikota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Ambon selalu berupaya memberikan dukungan kepada nelayan untuk meningkatkan produktivitas usaha mereka dalam mencari ikan. 


Tambahnya, Bantuan paket pancing tonda dan mesin tempel ini merupakan langkah awal dalam membantu nelayan.


Bodewin berharap program ini akan terus dilakukan oleh pemerintah kota untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan nelayan. Ia juga mengingatkan agar bantuan yang diberikan dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan pendapatan nelayan, sehingga dapat mengurangi jumlah masyarakat miskin di Kota Ambon.


Bodewin juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Perikanan dan Kelautan, anggota DPRD, serta penyuluh yang telah membantu dalam proses pemberdayaan nelayan. Ia berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kota Ambon dan meningkatkan taraf hidup mereka.(DLN)

×
Berita Terbaru Update