Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

BRIN dan Komisi VII DPR-RI PDIP Kolaborasi dalam Upaya Untuk Mendorong Ekonomi dan Inovasi di Kota Ambon

Kamis, 25 Januari 2024 | 19:36 WIT Last Updated 2024-02-22T03:12:02Z


Ambon
- Global Timur News - Untuk Mendorong Ekonomi dan Inovasi di Kota Ambon, BRIN dan Komisi VII DPR-RI PDIP Berkolaborasi menggelar pelatihan pengolahan hasil perikanan berbasis Fish Jelly.

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama antara BRIN dengan Komisi VII DPR-RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), yang berlangsung di Hotel Santika Premiere, Lantai V, Jl. Jendral Sudirman No. 88, Batu Merah, Kec. Sirimau, Kota Ambon, Maluku pada Kamis (25/1/24).


Pada kesempatan tersebut, Perwakilan Pimpinan BRIN, Ahmad Muntako dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah hasil laut serta mendukung pengembangan ekonomi di Kota Ambon. 


"Kerjasama erat dengan mitra terkait, baik dari Komisi VII DPR-RI, pemerintah pusat, swasta, maupun komunitas, sangat penting dalam mencapai fokus pemerintah untuk membangun talenta di semua aspek," ucapnya 




ia berharap, para peserta pelatihan semakin termotivasi untuk menerapkan dan mengaplikasikan ilmu-ilmu tentang pengolahan hasil perikanan berbasis Fish Jelly di tempat masing-masing.

Pada kesempatan yang sama, Asisten III administrasi Pembangunan Sekretariat Kota Ambon, Roby Sapulette, yang mewakili Pj. Walikota Ambon Bodewin Wattimena, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini.


Ia menyadari bahwa sumber daya alam lokal menjadi sumber kehidupan di Kota Ambon, namun masih terbatas dalam penjualan bahan mentah tanpa sentuhan teknologi, oleh karna itu, diperlukan pengenalan teknologi pasca panen dan pelatihan agar teknologi tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama kelompok usaha perikanan. 


Ia berharap kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dapat memicu terbentuknya industri kecil pengelolaan pasca panen berbasis potensi unggulan daerah, sehingga memberikan peluang bagi pengembangan usaha komoditif berbasis komunitas lokal melalui introduksi teknologi proses

Ia juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kota Ambon, Ia berharap kegiatan ini dapat membentuk kelompok kerja usaha mandiri yang produktif dan terlatih dalam pengelolaan komoditas unggulan perikanan laut, dengan demikian, diharapkan dapat melahirkan produk olahan unggulan yang memberikan nilai tambah dari setiap UMKM.


Ia juga berharap agar kelompok ini dapat terus berinovasi dan mengembangkan produk olahan yang berbasis komoditas unggulan, khususnya perikanan laut, yang memiliki daya saing tinggi melalui pengembangan produk yang disukai pasar. (DLN)

×
Berita Terbaru Update