Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Lakukan Program Wajar, Pj. Walikota Ambon Sampaikan Ini

Kamis, 28 Desember 2023 | 13:23 WIT Last Updated 2024-02-27T15:00:24Z


Ambon
- Global Timur News - Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena Melakukan program "Wajar" bersama dengan seluruh pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon. Program ini bertujuan mendengar dan menjawab aspirasi dari seluruh masyarakat, bertempat di Kantor Negeri Tawiri Kecamatan Teluk Ambon, Kamis (28/12/23). 

Dalam kesempatan tersebut, Bodewin Wattimena menyampaikan bahwa terdapat banyak persoalan yang perlu di selesaikan di Negeri Tawiri, salah satunya adalah permasalahan mengenai Raja Definitif. Ia menekankan bahwa menyelesaikan masalah ini sepenuhnya bergantung pada masyarakat Negeri adat. Pemerintah kota hanya akan memfasilitasi dan tidak akan mencampuri urusan adat masyarakat.


Bodewin menjelaskan bahwa Badan Saniri Negeri memiliki peran penting dalam menyelesaikan persoalan Raja Definitif. Jika telah tercapai kesepakatan antara tiga mata rumah, maka proses dapat dilanjutkan. Namun, jika masih terdapat perbedaan pendapat mengenai jumlah mata rumah yang harus dipilih, proses juga tetap dapat dilakukan. Pemerintah kota akan memiliki kewenangan untuk memutuskan siapa yang benar sebagai mata rumah atau marga-marga di Negeri.




"Pemerintah kota tidak merasa dirugikan jika belum ada Raja Definitif, namun yang dirugikan adalah masyarakat adat itu sendiri. Pemerintah tetap dapat menugaskan dalam jangka waktu yang panjang, asalkan penyelenggaraan pemerintahan Negeri tetap berjalan. Namun, yang diharapkan adalah adanya kesepakatan dari masyarakat untuk menghadirkan Raja Definitif," tegas Bodewin.

Bodewin juga menambahkan bahwa jika tidak ada kesepakatan yang tercapai, Negeri adat tersebut mungkin tidak akan diakui sebagai Negeri adat di tingkat pusat, dan bisa saja dikembalikan menjadi Desa. (DLN)

×
Berita Terbaru Update