Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Wujudkan Program Mabes TNI AD, Kodim 1513/SBB Gelar Pencanangan Kampung Pancasila

Rabu, 26 Juni 2024 | 07:08 WIT Last Updated 2024-06-25T23:42:25Z

Foto : Kodim 1513/SBB gelar pencanangan Kampung Pancasila

Piru
- Globaltimur.com - Mabes Angkatan Darat Menggelar Pencanangan secara seremtak di seluruh Indonesia, dan hal itu di lakukan oleh Kodim 1513/ SBB dengan menggelar Pencanangan Kampung Pancasila - Basudara Pattimura Tahun 2024  Di Dusun Aster Piru.


Komando Distrik Militer (Kodim) 1513/SBB menggelar Pencanangan Dusun Aster, Desa Piru, sebagai Kampung Pancasila- Basudara Pattimura Tahun 2024, yang dipusatkan di Lapangan Kompleks Kabaresy, Dusun Aster, Kota Piru, pada Selasa, (25/6/2024).


Hadir dalam acara tersebut, Dandim 1513/ SBB, Letkol Inf Rudolf Paulus, Imam Masjid Al Muhajrn Piru, Pastor Santa Theresia, Piru, Gories Matly, Kepala Dinas PMD Kabupaten SBB, Drs Soleman Kibas, Kadis Perumahan SBB, Mansur Tutupoho,PLT Kadis Kesehatan, M Hasan Tuharea, Danramil 1513-01/ Piru, Kapten Arm, Ismail Lestaluhu, Sekretaris Kecamatan Seram Barat, Ricky Mandaku para  prajurit dari jajaran  Kodim 1513/ SBB dan Koramil Piru , serta warga Masyarakat Dusun Aster.


Dalam sambutannya, Dandim 1513/ SBB, Letkol Inf Rudolf Paulus  menyatakan, terima kasih atas kehadiran para hadirin yang sudah berkenan datang walaupun cuaca  sedang dilanda hujan, 


Paulus mengungkapkan, program Kampung Pancasila adalah program tahunan TNI AD yang akan dilombakan pada jajaran Kodim di seluruh tanah air, pihak Kodim 1513/SBB baru dapat menggelar di tahun ini, yang merupakan tahun kedua berdirinya Kodim 1513/ SBB.


Foto: Kodim 1513/ SBB menggelar Pencanangan Kampung Pancasila - Basudara Pattimura Tahun 2024 Di Dusun Aster Piru

"Tahun kemarin, 2023, Saya masih fokus untuk benahi pangkalan dulu, tahun ini baru Saya ambil langkah dengan segala keterbatasan untuk mengambil langkah besar kedepan" tukas lulusan Akmil 2003 ini.


Paulus mengharapkan, Kampung Pancasila- Basudara Pattimura Tahun 2024  di Dusun Aster, Piru ini yang menjadi kampung binaan Kodim 1513/ SBB sehingga  menjadi role model, Desa di Kabupaten SBB, bukan saja Desa yang menjadi binaan Pemda SBB  yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba Desa, untuk itu Dirinnya mengharapkan peran serta Masyarakat dan Pemerintah untuk saling membahu dalam membangun Desa tersebut.


Menurut Paulus" untuk bertanding pada lomba Kampung Pancasila ada 4 kriteria yang dinilai yakni, Ketahanan Pangan, Keamanan Rakyat ( Kamra), Karang Taruna dan UMKM.


Untuk kriteria Ketahanan Pangan,  Masyarakat diharapkan untuk berperan aktif dalam memanfaatkan halaman dan lahan  yang kosong menjadi  produktif,  dengan menanam sayur - sayuran atau beternak ayam, sehingga nanti pada saat dibuka dapur umum hasil pertanian Masyatakat bisa dibeli untuk memasok bahan makanan.


Foto: Kodim 1513/ SBB dengan menggelar Pencanangan Kampung Pancasila - Basudara Pattimura Tahun 2024 Di Dusun Aster Piru

Program Dapur Umum tersebut, adalah merupakan bagian dari visi misi presiden RI terpilih periode 2024/2029, Prabowo Subianto yang akan dilantik pada bulan oktober mendatang, yakni memberi makan anak sekolah, pesantren dan yatim piatu, dimana program tersebut sudah dilakukan di Provinsi Jawa Barat.


Menurut Dandim 1513/ SBB, dengan digulirkannya program ini maka akan terjadi perputaran  ekonomi dimana hasil - hasil pertanian dan peternakan masyarakat dimanfaatkan dan masyarakat sendiri dapat menghasilkan pendapatan dari lingkungannya. Tutup-nya (Yan)

×
Berita Terbaru Update