Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Bansos Tersalur Di Kelurahan Kudamati dan Benteng, Dengan Berbagai Nama Penerima Yang Berbeda

Senin, 05 Februari 2024 | 23:36 WIT Last Updated 2024-02-26T22:02:57Z


Ambon
- Global Timur News - Terkait dengan penerimaan Bansos, Kepala Kelurahan Kudamati, Aprialdo Ditubun mengklaim bahwa sekitar 604 hingga 605 Kepala Keluarga (KK) di kelurahan Nusaniwe yang telah menerima bantuan Bansos tersebut.

Namun, banyak keluhan dari masyarakat terkait dengan nama-nama yang diusulkan dan belum mendapatkan bantuan. 


"Proses pengusulan nama-nama tersebut mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan oleh kelurahan dan Kementerian Sosial. Oleh karena itu, tidak semua nama yang diusulkan langsung dapat menerima bantuan," ucap Kepala Kelurahan Kudamati, Aprialdo Ditubun saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media di ruang kerjanya, Kantor Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, kota Ambon, Senin (5/2/24) pagi tadi.


Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan kantor pos untuk mencari solusi jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam penyaluran bantuan. 


"Jika ada warga yang meninggal dunia atau pindah, nama-nama tersebut akan digantikan dengan nama-nama yang lebih membutuhkan," terangnya.


Namun, ia mengakui bahwa masih terdapat beberapa kekurangan dalam penyaluran bantuan dan mereka terus berupaya mencari solusi terbaik.


Ia juga menyampaikan bahwa mereka akan memberikan informasi kepada RT untuk disampaikan kepada masyarakat jika ada nama-nama yang belum terakomodir atau belum tersalurkan secara keseluruhan.



Sementara, Kepala Kelurahan Benteng yang di Wakili oleh Kasi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Leorita Ellen Mawara, juga menyampaikan bahwa, untuk Kelurahan Benteng sendiri ada sekitar 662 penerima Bansos.

"Untuk Kelurahan Benteng sendiri yang sudah tersalurkan bantuan kepada sekitar 500 lebih warga dari total 662 penerima bansos, Sementara sisanya sekitar 140 lebih warga masih menunggu untuk menerima bantuan," ungkap Leorita Ellen Mawara, saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media di Kantor Kelurahan Benteng, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Senin (5/2/24) siang tadi.


Menurutnya, data mengenai penerima bansos ini tercatat di kantor pos yang memiliki sistemnya sendiri. Oleh karena itu, warga harus datang ke kantor pos untuk mengambil bantuan dan difoto sebagai bukti penerimaan.


Ia menjelaskan bahwa pendaftaran dan pengambilan bantuan dilakukan melalui kantor pos, sedangkan di Kelurahan hanya menyediakan tempat pemberitahuan kepada keluarga penerima, karena proses pengambilan bantuan akan dilanjutkan sesuai dengan keadaan situasi dan kondisi yang berlaku di Kantor Kelurahan, dengan memprioritaskan warga yang benar-benar membutuhkan.




"Pentingnya menyalurkan bantuan sesuai dengan keadaan situasi yang berlaku, meskipun proses distribusi bantuan dilakukan melalui kantor pos, tetapi kami tetap berperan dalam memberikan informasi kepada warga mengenai pengambilan bantuan, karena hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bantuan sosial disalurkan dengan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan warga," tekan Leorita.

Dirinya berharap, Bantuan sosial yang diberikan oleh Kemensos ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak oleh situasi saat ini. 


Selain itu, ia berkomitmen untuk menjaga kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku dan memastikan bahwa proses distribusi bantuan berjalan dengan lancar. (DLN)

×
Berita Terbaru Update