Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Ini Pesan Pj. Walikota Ambon Dalam Perayaan Hari Disabilitas Internasional

Selasa, 05 Desember 2023 | 22:17 WIT Last Updated 2024-02-27T15:11:04Z



Ambon - Global Timur News - Pejabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menghadiri acara Perayaan Hari Disabilitas Internasional Rumah Generasi Kota Ambon, di Manise Hotel Kota Ambon, Selasa (05/12/2023) pukul 15:00 Wit.


Perayaan Hari Disabilitas Internasional ini di gelar setiap tanggal 3 Desember 2023 dengan mengusung tema "Bersatu Dalam Aksi Untuk Menyelamatkan dan Mencapai SDGs bagi, dengan dan oleh Orang-orang dengan Kondisi Disabilitas".


Turut dihadiri, Ketua Tim Penggerak PKK kota Ambon Lisa Wattimena, Pimpinan OPD lingkup Pemkot Ambon, Direktur Lembaga Rumah Generasi Alfin Paron, pembina rumah generasi, yayasan walang perempuan, Pimpinan LSM, Sekolah Luar Baisa sekota Ambon, pimpinan balai pelatihan fokasi, dan Komnas HAM Perwakilan Maluku.


Dalam sambutannya, Bodewin menyampaikan keberadaan penyandang disabilitas sempat tidak diperhatikan, terpinggirkan dan kerap menjadi kelompok yang termarjinalkan kelompok yang tertinggal.




"Hari disabilitas internasional merupakan momentum untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat membangun jaringan dan gerakan yang bersinergi, mendorong para pemangku kepentingan terkait, agar semakin banyak pihak yang bergerak dalam mendukung upaya inklusi dan perlindungan hak-hak dasar bagi penyandang disabilitas," ungkap Bodewin.

Lanjutnya, pentingnya keadilan sosial dan inklusivitas bagi semua warga tanpa memandang latar belakang atau kondisi fisik maupun mental, dalam kaitan dengan itu pemerintah kota terus berupaya untuk mendukung program inklusi dan perlindungan hak-hak disabilitas yang dilaksanakan lewat berbagai kebijakan.


Bodewin juga menambahkan, Dalam konteks ini ditekankan pentingnya kolaborasi dan komitmen antara pemerintah daerah lembaga swadaya, masyarakat, sektor swasta, maupun seluruh pihak termasuk di dalamnya keluarga, untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan mendukung bagi penyandang disabilitas.


"Oleh karena itu, penerimaan yang positif akan memacu mereka agar mampu berpartisipasi, tidak merasa malu, dan menutup diri dari lingkungan, berani mengembangkan minat dan bakatnya dengan baik," pungkas Bodewin. (DLN)

×
Berita Terbaru Update