Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Buka Jop Fair dan Expo 2023 SMK Negeri 6 Ambon, Ini Pesan Kadis Pendidikan Provinsi Maluku Dan Kepsek SMK Neg. 6 Ambon

Kamis, 07 Desember 2023 | 17:22 WIT Last Updated 2023-12-07T08:22:55Z


Lateri
- Global Timur NewsSMK Negeri 6 Ambon menggelar kegiatan Jop Fair dan Expo 2023 yang merupakan salah satu program dari SMK pusat keunggulan, sebagai bentuk kordinasi dan kolaborasi dengan institusi mitra atau dunia usaha dunia industri, sebagai bagian dari proses siklus pendidikan, yang dilaksanakan bertempat di Sekolah SMK Negeri 6 Ambon, Kamis (07/12/2023) pukul 10:00 Wit.

Kegiatan Jop Fair dan Expo 2023 ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku yang diwakili oleh Kabid SMK Ny. Anisa. SE, M.Pd, KTU UPTD Ina Kaka Provinsi Maluku Ny. Tia Aipassa, Pengawas Pembina Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Lantara Hadir. S.Pd, Ketua Komite Ny. Sarah Patrouw, sejumlah Alumni dan instansi pendukung dari Dudi, serta turut hadir juga sejumlah Pimpinan Sekolah baik dari SMP, SMA, dan SMK Se-Kecamatan Baguala.


Dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 6 Ambon Drs. Eduar Luturmas.M.Si mengatakan” pelaksanaan Jop Fair Expo 2023 ini merupakan bagian dari siklus pendidikan, sehingga dalam kurun waktu tertentu kiranya SMK Negeri 6 Ambon dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang dapat bermanfaat bagi almamater.

“Kegiatan Jop Fair dan Expo 2023 ini adalah bagian dari apa yang di sebut dengan siklus pendidikan, jadi di sebuah proses yang terus berlangsung dan tidak perna berakhir. Oleh karena itu, diharapkan dunia pendidikan melakukan kordinasi dan kolaborasi dengan institusi mitra atau dunia usaha dunia industri, sebagai bagian dari proses siklus, serta merupakan bagian dari program SMK pusat unggulan,” ungkap Luturmas.

Dikatakan, beda dengan satuan pendidikan lain yang bisa saja menghasilkan lulusan dan selesai, tetapi SMK mesti mengarah kepada apa yang dimaksud dengan penyerapan lulusan, dan Jop Fair adalah bagian dari proses penyerapan itu.

Luturmas juga menambahkan, upaya kita untuk tidak membiarkan lulusan-lulusan ini mengalami pengangguran, maka kita patut membangun kerja sama dengan dunia usaha maupun dunia industri, supaya anak-anak ini harus punya nilai guna atau asas manfaat serta memberi solusi bagi satuan pendidikan itu sendiri bahkan bagi masyarakat.

Lanjutnya, tanggung jawab kita bersama terutama para alumni, tidak boleh putus komunikasi antara satuan pendidikan dengan industri yang perna berkarya lewat PKL, magang dan kegiatan-kegiatan yang di kemas oleh satuan pendidikan dalam hal ini SMK Negeri 6 Ambon.

“Kita patut bersyukur kepada pemerintah pusat lewat pemerintah daerah yang secara teknis di tangani oleh dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Maluku, yang telah memberikan peluang kepada sejumlah SMK dan SMA dalam berkompetisi merebut peluang-peluang di dunia pendidikan terutama di SMK,” ungkap Luturmas.

“SMK Negeri 6 Ambon serta para alumni di harapkan, kita terus berkolaborasi bersama, berkerja keras dan bekerja cerdas, supaya kegiatan SMK pusat keunggulan tidak sekedar Lebel, tidak sekedar slogan, tetapi betul-betul berdampak bagi lulusan-lulusan kita,” pungkas Luturmas.

Sedangkan kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan provinsi Maluku dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid SMK Ny. Anisa. SE, M.Pd, sekaligus membuka kegiatan Jop Fair dan Expo 2023 SMK Negeri 6 Ambon menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan Jop Fair dan Expo 2023 yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 6 Ambon.


“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta dukungan dengan harapan, melalui pameran bursa kerja Jop Fair dan Expo 2023 SMK Negeri 6 Ambon, kita tingkatkan kualitas skil tenaga kerja lulusan SMK dan perluasan kesempatan kerja sesuai minat dan kompetensi lulusan anak-anak kita,” ujar Anisa.

Dirinya berharap, kegiatan Jop Fair dan Expo 2023 ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dengan tetap berupaya meningkatkan kualitas layanan dan penyelenggaraannya, serta kuantitas kepesertaan dunia industri dan mitra UMKM yang berpartisipasi. Tututpnya  (V374)

×
Berita Terbaru Update