Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Dinas KUMKM Gelar Kegiatan Rapat Evaluasi Dan Koordinasi Pencapaian Program Pemberdayaan Koperasi Dan UMKM Provinsi Maluku

Rabu, 22 November 2023 | 11:52 WIT Last Updated 2023-11-22T02:52:08Z

 UMKM

Ambon - Global Timur News - Rapat evaluasi dan koordinasi pencapaian program pemberdayaan koperasi dan UMKM provinsi Maluku, yang digelar oleh Dinas Koperasi Usaha kecil dan menengah provinsi Maluku, bertempat di hotel Golden Palace-Ambon, Rabu (22/11/2023) pukul 09:00 Wit.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 21-23 November 2023, serta bertujuan untuk memberikan berbagai informasi serta masukkan berkaitan dengan tugas pembinaan koperasi dan UMKM, Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program/kegiatan pemberdayaan koperasi dan UMKM, mengidentifikasi hambatan dan kendala teknis dalam pelaksanaan program/kegiatan sebagai bahan penyusunan laporan, serta membahas persoalan yang terkait dengan pemberdayaan koperasi dan UMKM.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 11 kabupaten kota, yang terdiri dari Kepala Dinas Koperasi UKM provinsi Maluku, Kepala Dinas/Badan yang membidangi koperasi UMKM kabupaten/kota se-provinsi Maluku, dan pejabat eselon III dan IV serta pejabat fungsional lingkup Dinas Koperasi UKM provinsi/kabupaten/kota se-Maluku.

Adapun narasumber dalam pelaksanaan rapat ini adalah Kanwil XXIX Ditjen perbendaharaan Maluku dengan materi "mendorong percepatan penyerapan KUR di Provinsi Maluku", Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku dengan materi "Prosedur dan tatacara mendapatkan Sertifikat Halal untuk produk UMKM", serta Balai Pengawasan Obat Dan Makanan Ambon dengan materi "Prosedur dan tatacara izin edar BPOM untuk produk UMKM.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Koperasi UKM provinsi Maluku M.Nasir Kilkoda, "Pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) memiliki potensi yang besar dan strategis dalam rangka mengurangi kemiskinan, mengingat pertumbuhan maupun aktifnya sektor riil yang dijalankan KUMKM mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat, yaitu tersedianya lapangan kerja dan meningkatnya pendapatan, sehingga peran KUMKM dapat diandalkan sebagai penggerak roda ekonomi masyarakat pedesaan, perkotaan, bahkan di daerah tertinggal.

Lanjutnya, "Rapat Evaluasi Dan Koordinasi Pencapaian Program Pemberdayaan Koperasi Umkm Provinsi Maluku Tahun 2023, merupakan sarana koordinasi dan evaluasi dalam upaya meningkatkan sinergitas pembinaan dan pengembangan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah kedepan".


"Oleh karenanya pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengajak kita semua untuk terus bersama-sama meningkatkan kinerja dan tanggung jawab pembinaan dan pengembangan Koperasi dan UMKM, terutama terhadap penataan kelembagaan koperasi yang disesuaikan dengan UU yang baru, dengan sasaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Maluku", ajak Kilkoda.

Dirinya berharap, momentum ini mampu menghasilkan sesuatu yang pengembangan Koperasi, Usaha Mikro kecil dan menengah di provinsi Maluku, dan terima kasih atas kerja keras dan upaya yang telah saudara-saudara lakukan, dalam memberdayakan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Provinsi Maluku, dalam membangun Maluku yang lebih baik kedepan. (DLN)

×
Berita Terbaru Update