Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Pastikan Keamanan, Kapolsek Manipa Kawal Malam Takbiran Hingga Sembelih Hewan Qurban

Senin, 17 Juni 2024 | 16:29 WIT Last Updated 2024-06-17T07:54:24Z

Foto : Kapolsek Manipa Kawal jalannya malam takbiran hingga penyembelihan hewan qurban

Manipa
- Globaltimur.com - Pelaksanaan malam takbiran, solat Ied Adha hingga pemotongan hewan kurban di hari raya Idul Adha 1445 Hijriah, dikawasan kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), berlangsung aman dan lancar. Seluruh personil Polsek Manipa, Polres SBB, di turunkan untuk melakukan pengawalan dan pengamanan.


Kapolsek Manipa, Ipda Edwin Richardo Mangare mengatakan, kegiatan takbir Akbar Keliling menjelang Hari Raya Idul Adha 1445, tahun 2024 yang dilakukan oleh  masyarakat disejumlah Desa di Kecamatan Manipa, berlangsung hikmad dan khusyuk.


"Kita (Polsek Manipa-red), melaksanakan pengamanan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, yang dimulai dari pelaksanaan malam takbiran keliling yang dimulai sekitar pukul 09.00 Wit bertempat di  Kecamatan Manipa. Kegiatan takbir akbar keliling menjelang  hari raya idul Adha saya (Kapolsek Manipa) yang langsung pimpin,"kata dia, kepada wartawan Senin (17/6/2024).


Menurutnya, pelaksanaan takbir akbar keliling itu dilaksanakan empat titik "Desa Masawoi, Desa Tomalehu Barat, Dusun Aman Jaya, dan Dusun Pilar, begitu juga dengan desa dan dusun lainnya.


Takbir akbar keliling dilakukan dengan cara berjalan kaki, dengan menggunakan gerobak yang  di dalamnya berisikan sound sistem, kemudian di ikuti oleh peserta dengan berjalan kaki mengelilingi Desa dan Dusun  masing - masing,"jelas Kapolsek.


Kapolsek mengatakan, jumlah peserta takbiran Akbar keliling sekitar ratusan orang, yang didominasi oleh anak-anak."Desa Masawoi, 50 peserta. 


Foto: Pengamanan Malam Takbiran 

Desa Tomalehu Barat 100 peserta, Dusun Aman Jaya, 100 peserta, dan Dusun Pilar 200 peserta. Kegiatan ini berakhir sekitar lukul 23.45 WIT,"ujarnya.


Usai melaksanakan pengamanan, pawai malam takbiran, kata Kapolsek, selanjutnya dilakukan pengamanan pelaksanaan Solat Ied, pemotongan atau penyembelihan, dan pembagian hewan kurban dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Tahun 2024.


"Pengamanan solah Ied ini dimulai sekitar pukul  06.55 WIT bertempat di tujuh Masjid Wilayah Hukum Polsek Manipa telah dilaksanakan Ibadah Sholat Ied, penyembelihan dan pembagian Hewan Kurban dalam rangka perayaan hari raya Idul Adha,"tutur Kapolsek.


Mangare menambahkan, untuk solat Ied sendiri berlangsung di Masjid Al Istiqomah, desa Luhutuban.


"Untuk Desa  Luhutuban, solat di pusatkan di masjid : Al Istiqoma, yang dipimpib bapak Imam Husen Nussy, sementara khotib Ustad Jalil Pellu, Jamaahnya sekitar 400 orang. 


Penyembelihan hewan kurban dua ekor kambing dibagikan untuk 60 orang kaum dhuafa dan janda. Masjid Nurul Akbar, Dusun Aman Jaya, dipimpin oleh Imam Heder Bin Syeh  Abubakar, khotibnya ustad Ahmad Sulehu, jemaahnya sekitar 100 orang, Kurban 1 ekor kambing juga dibagikan untuk 65 orang kaum dhuafa,"beber Kapolsek.


Selanjutnya, pelaksanaan solat Ied di Masjid Sholattu Dakwah, desa Tuniwara, dipimpin oleh imam Ahmad Makassar, dengan khotib ustad Ju Warang, dengan jemaah sekitar 250 orang.


"Untuk kurban sendiri yakni 2 ekor kambing dibagikan kepada 28 orang kaum dhuafa. Masjid Nurul Hudha, desa Buano dipimpin oleh ustad Husain Pacina, jemaah sekitar 200 orang, Kurban dua ekor kambing dibagikan untuk 19 orang kaum dhuafa,"terangnya.


Selain itu lanjut Kapolsek, solat Ied juga berlangsung di masjid Nurul Islam, desa Kelang Asaude, yang diimami oleh ustad Umar Wailehu, dengan jumlah jemaah sekitar 250 orang. 


Hewan yang disembelih yakni sebanyak 2 ekor kambibg untuk dibagikan kepada 35 orang kaum dhuafa.


"Kemudian ada juga di masjid As Syuhada, Kelang Asaude, diimami oleh Ustad Awal Manitu, diikuti oleh 200 orang jemaah. Hewan yang di kurbankan 2 ekor kambing, dibagikan untuk 18 orang kaum dhuafa.


Selanjutnya masjid An Nur, desa Masawoi, diimami oleh Ustad Amin Talapuka, jemaah sekitar 100 orang dengan jumlah hewan kurban, 1 ekor kambing disembelih dan dimakan bersama dengan para kaum dhuafa. 


Dan untuk masjid yang terakhir yakni masjid Ar Rahman, desa Tomalehu Barat, dipimpin oleh imam Ustad Saleh Silawane, dengan jumlah jemaah yang mengikuti solat Ied sebanyak 400 orang, Jumlah hewan kurban yakni 3 ekor kambing, dibagikan untuk 49 orang kaum dhuafa,"tandas Kapolsek.


Ditegaskan, seluruh pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, di wilayah Kepulauan Manipa, SBB, berlangsung aman.


"Semoga di momentum yang suci ini, masyarakat Manipa, selalu mencontohi, dan mengaplikasikan pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, dalam kehidupan sehari-hari sehingga Manipa, semakin aman, nyaman dan maju untuk generasi kedepannya,"tutup Kapolsek. (Yan)

×
Berita Terbaru Update