Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Kodam Pattimura Gelar Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M dan Pemotongan Hewan Kurban

Selasa, 18 Juni 2024 | 17:43 WIT Last Updated 2024-06-18T08:48:48Z

Foto : Kodam Pattimura gelar idul adha bersama kelurga

Ambon
- Globaltimur.com - Dalam rangka memperingati Idul Adha tahun 1445 H/2024 M, Kodam XV/Pattimura menggelar Sholat Idul Adha bersama Keluarga Besar Kodam XV/Pattimura, bertempat di Lapangan Tennis Indoor Tapal Kuda, Air Salobar, Ambon, Senin (17/6/2024). 


Bertindak sebagai Khatib dan Imam adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku, Ustadz Dr. Abdullah Latuapo dan sebagai Bilal adalah Serka La Dudi. Dalam khutbahnya yang berjudul "Hikmah dan Makna Idul Adha", Khatib menyampaikan, pelaksanaan Idul Adha merupakan esensi dari ketaqwaan keluarga Nabi Ibrahim a.s.


Lanjut dijelaskan, pada tanggal 10 Dzulhijah seluruh umat Muslim dipenjuru dunia, datang ke tempat ibadah melaksanakan shalat Idul Adha sebagai bentuk syukur dan kemudian melaksanakan penyembelihan kurban.


"Ibadah Haji dan Kurban merupakan esensi dari keluarga Nabi Ibrahmim a.s., Idul Adha adalah hari perjuangan dan pengorbanan serta keikhlasan, bagaimana sosok Nabi Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s. dan Siti Hajar yang mengesampingkan kepentingan pribadi dibanding perintah Allah SWT", ujar Khotib.


Khatib juga menerangkan, Hikmah kurban hendaknya diteladani sebagaimana keluarga Nabi Ibrahim a.s., memiliki semangat berjuang dan berkurban yang dilandasi dengan keikhlasan. Ciptakan keluarga seperti keluarga Nabi Ibrahim a.s., yang mampu mencintai dan taat kepada perintah Allah SWT melebihi apa yang dimiliki di dunia. 


"Kepada semua kaum Muslim, tinggalkanlah pakaian keduniaan dan kebinatangan (Nafsu) dalam diri, namun gantilah dengan pakaian Taqwa yang sebaik-baiknya pakaian", pesan Khotib.


Foto: Kodam Pattimura Gelar Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M

Usai pelaksanaan Sholat Idul Adha, dilanjutkan penyembelihan Hewan Kurban yang dilaksanakan di Masjid Al Ijtihad Belakang Kota. Acara dimulai dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Kabintaljarahdam XV/Pattimura, kemudian sambutan dari Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., dan penyerahan secara simbolis hewan kurban kepada petugas penyembelih kurban.


Dalam sambutanya Pangdam  menyampaikan, hari ini di seluruh jajaran Kodam XV/Pattimura melaksanakan penyembelihan hewan kurban.


Pangdam berpesan “Jadikan hikmah Idul Adha 1445 H/2024 M sebagai momentum peningkatan ketakwaan dan semangat rela berkorban kepada sesama”.


"Semoga dengan mengikuti Suri Tauladan Nabi Ibrahhim a.s., apa yang kita lakukan mendapat balasan yang lebih dari Allah SWT dan menjadi berkah", ujar Pangdam.


Panitia penyembelihan hewan kurban, menerima hewan kurban sebanyak 14 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang berasal dari pimpinan dan keluarga besar Kodam XV/Pattimura. Untuk 1 ekor diserahkan dan disembelih di Masjid At Taqwa Larike Atas, Kec. Leihitu Barat, Kab. Malteng.


Daging dari hewan kurban tersebut, dibagikan kepada prajurit dan warga sekitar di daerah Masjid Al-Ijtihad Belakang Kota, begitu juga di Masjid At-Taqwa Larike Atas. (V374)

×
Berita Terbaru Update