Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Saat Olah Gerak, KM Sirimau Tabrak Dermaga dan Alami Kebocoran

Selasa, 12 Desember 2023 | 06:52 WIT Last Updated 2024-02-27T14:27:30Z

 



Ambon - Global Timur News - KM Sirimau, Senin (11/12/2023) mengalami kebocoran mengakibatkan air balas memancar keluar.

Kejadian terjadi sekitar pukul 10.21 wit di Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon,  saat melakukan olah gerak sandar Kapal pada Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon yang mengakibatkan Bibir Dermaga rusak dan Bulbos ujung Kapal (pemecah ombak) bocor.


Kapal yang dinahkodai oleh Capt. Denny Mahendra dan selaku Pandu Kapal dari Pihak PT. Pelindo Regional 4 Ambon Capt. Miszarwan.


Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, IPDA Janete S Luhukay menjelaskan, kejadian awalnya saat Kapal KM. Sirimau tiba sandar dari Pelabuhan asal Wanci yang akan sandar di Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon,  saat Kapal olah Gerak Sandar di Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, yang bersangkutan bersama Kapal Herlin mendekati untuk naik ke atas Kapal KM. Sirimau untuk memandu olah Gerak Kapal KM. Sirimau yang akang sandar di Dermaga Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, namun pada saat itu Situasi Cuaca Arus dalam dan Kecepatan angin sangat kencang Kapal yang akan melakukan olah Gerak kehilangan kendali sehingga menabrak Bibir Dermaga hingga Roboh bersama Bolder Dermaga Terlepas jatuh ke laut.




"Nahkoda kapal menjelaskan bahwa saat akan mendekati dermaga kapal kehilangan kendali sehingga menghantam dermaga, hingga Roboh bersama Bolder Dermaga Terlepas jatuh ke laut di karenakan Faktor Cuaca Arus dalam dan Angin yang sangat kencang, sehingga kejadian tersebut tidak bisa hindari lagi," jelasnya 


Atas insiden tersebut, pihak KSOP Kelas 1 Ambon, pihak Kapolsek KPYS Ambon, Kacab PT. Pelni Cabang Ambon, naik ke anjungan untuk memintai keterangan dari Nahkoda Kapal dan Pandu Kapal terkait peristiwa yang terjadi.


Dari Kejadian tersebut tidak sampai menimbulkan Korban jiwa, namun menimbulkan kerugian material berupa Bibir Dermaga dan Bolder Rusak, Bulbos Ujung Kapal KM. Sirimau (pemecah ombak) Bocor mengakibatkan Air Balas memancar keluar.




"Nantinya pada pukul  11.25 Wit, nahkoda Kapal KM. Sirimau, dan Pandu Kapal dimintai keterangan atas kejadian tersebut di Kantor KSOP Kelas 1 Ambon oleh Pihak KSOP Kelas 1 Ambon. Usai itu, Kapal KM. Sirimau diberangkatkan menuju  Pelabuhan Tujuan Sorong," tambah kasi Humas

×
Berita Terbaru Update