Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Ratusan Jemaah Padati Mesjid Raya Al"Amin Tobelo Guna Laksanakan Sholat Idul Fitri

Rabu, 10 April 2024 | 14:49 WIT Last Updated 2024-04-10T10:36:00Z

Foto : warga Tobelo Padati Masjid Raya Al"Amin Desa Gosoma guna sholat idul fitri

Halut
- Globaltimur.com- Bertempat di Masjid Raya Al"Amin Desa Gosoma Kecamatan Tobelo Kabupaten Halmahera Utara telah dilaksanakan Sholat Idul Fitri Tahun 1445 H/2024 Masehi. Rabu (10/04/2024). Selaku Imam Besar Habib Ahmad  AL-Musawwah dan Khatib Jamal Dodego,S,Ag.


Dalam Sholat juga dilaksanakan Penyampaian tata cara Sholat Idul Fitri oleh Imam Besar, Sholawat Nabi dan dilanjutkan dengan pelaksanaan Sholat Idul Fitri.


Imam Khatib Jamal Dodego  dalam Khotbahnya menyampaikan, Setelah sebulan lamanya kita berpuasa, maka sekarang tibalah masanya kita tumpahkan rasa senang dan rasa haru, kita ungkapkan sepenuh hati rasa gembira dan rasa syahdu.


Betapa huranya kita, sebab Allah SWT telah menciptakan Bulan Ramadan khusus untuk kita, umatnya Nabi Muhammad SAW, ungkap Imam.


Imam juga mengatakan bahawa kita patut bersyukur kepada Allah SWT karena kita masih diberikan kesempatan langka untuk menghirup dan bernafas di bulan yang suci sekalipun sepenuh hati kita mengakui, bahwa kita belum bisa manfaatkan waktu siang dan malam bulan Ramadan secara maksimal.


Foto : warga Tobelo Padati Masjid Raya Al"Amin Desa Gosoma guna sholat idul fitri

Saudara ku kita hanya mengharapkan semoga puasa kita, qiyamul lail kita, bacaan Al-Qur’an kita, sedekah dan zakat kita, yang tak seberapa, dapat menebus dosa kita, sebagai umat yang beriman kepada Allah SWT, ujar Imam. 


Imam juga menutur bahwa Allah itu dekat dengan diri kita apa saja yang kita mohonkan kepada Allah, maka pasti akan dikabulkan Allah SWT, oleh sebab itu beruntunglah kita di hari ini, datang berduyun-duyun dari tempat tinggal kita, menuju mesjid ditempat ini untuk menjalankan shalat Idul fitri secara berjamaah, pada hari Rabu tanggal 1 Syawal 1445 Hijriyah ini, kita rayakan lebaran bersama-sama penuh dengan suka cita.


Marilah Kita tanamkan bulat-bulat di dalam hati kita, bahwa kedepannya hidup kita akan menjadi lebih baik, dan Amal ibadah kita akan semakin meningkat sebagai manifestasi rasa syukur kita kepada Allah SWT, kata Imam.


Selain kita bertekad untuk memperbaiki hubungan kita dengan Allah Yang Maha Pencipta, pada moment Idul Fitri kali ini, kita selayaknya juga memperbagus hubungan saudara, pertalian kerabat, dan interaksi sosial bermasyarakat, pinta Imam.


Sebagai manusia yang tak luput dari salah dan alpa, baik kesalahan kita disengaja maupun tidak disengaja, baik kepada keluarga, saudara, tetangga, maupun teman dan kerabat, marilah kita perbaiki dengan bermaaf-maafan, jelas Imam.


Pada prinsipnya dengan merayakan Idul Fitri, kita bersama-sama diajarkan untuk kembali kepada jati diri manusia, karena kita ini makhluk yang sangat lemah, sehingga kita membutuhkan Allah Swt untuk bersandar dimana saja dan kapan saja, tambah Imam.


Sebagai makhluk sosial, kita juga sangat butuh kerjasama dan bantuan sesama manusia, khususnya orang-orang terdekat kita, Tutup Imam.


Selama kegiatan Sholat Idul Fitri berlangsung mendapat pengaman dari TNI - Polri dan Satpol-PP Kabupaten Halmahera Utara dan Ibadah Sholat Idul Fitri berjalan dengan Hikmah dan Damai. (Yansen)

×
Berita Terbaru Update