Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Mewakili Bupati Halut, Kadis Pariwisata Buka Acara Kiarono Festival 2024

Sabtu, 27 April 2024 | 08:49 WIT Last Updated 2024-04-27T06:57:46Z

Foto : Kadis Pariwisata wakili Bupati buka Kiarono Festival 2024 

Halut
- Globaltimur.com - Kiarono Festival 2024 dengan tema : "Merajut Kebersamaan, Merawat Kebudayaan." Dibuka oleh Kadis Pariwisata Kab Halut Bpk. Atbernimus Pasimanyeku, S.Pd.M.Pd, pada Jumat 26 April 2024 pukul 19.30 wit di Rumah Adat Hibualamo Desa. Gamsungi Kec. Tobelo Kab. Halmahera Utara.


Hadir dalam kegiatan, Kadis Pariwisata Bpk. Atbernimus Pasimanyeku, S.Pd.M.Pd. Wakapolres Halut Wakapolres Kompol Andreas.SIK, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf. Rusmin Nuryadin, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Bpk. Ir. Hein Namotemo, M.SP, Toko budaya seni Nusantara Bpk. Ir. Yesaya Banari, Kabag Pemerintahan Bpk.Berto Mene, Para Kepala sekolah dan Guru Se Kab. Halut, Para Toko masyarakat, Toko Agama serta tamu undangan yang hadir sekitar 500 Orang.


Kadis Pariwisata Bpk. Atbernimus Pasimanyeku, S.Pd.M.Pd, dalam sambutannya mengatakan, Kami atas nama Pemerintah Daerah ingin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, dan panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan Kiarono Festival ini.


Foto : Kiarono Festival 2024 

Dalam waktu dekat ini juga kami akan melaksanakan acara kegiatan Tuguh Air Nusantara dikabupaten Halmahera Utara, kata Pasimanyeku.


Kepada semua anak-anak muda yang punya bakat dan kreasi, kami akan mendukung dan mengawal, untuk itu mari kita bersama-sama bergandengan tangan semua pihak masyarakat, untuk menjaga kedamaian di bumi Hibualamo, ungkap Pasimanyeku.


Atas nama Pemerintah Daerah, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak keamanan TNI/Polri, Satpol-PP, Kecamatan dan Pemerintah Desa yang telah berpartisipasi untuk mendukung acara atau kegiatan Kiarono Festival 2024, tutup Pasimanyeku.


Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Bpk. Ir. Hein Namotemo,M.SP dalam sambutannya mengatakan, Saya mengucapkan terima kasih kepada kaum muda yang begitu semangat melaksanakan kegiatan Kiarono Festival ini.


Sangat disayangkan sudah sekitar 9 tahun lebih tidak laksanakan kegiatan adat seperti ini, oleh karena itu mari kita membangun kembali generasi Hibualamo, kata Hein.


Foto: Kadis Pariwisata wakili Bupati buka Kiarono Festival 2024 

Kami adalah pewaris langsung dari Negeri Hibualamo untuk terus bersinar dan kita harus selalu bergandeng tangan bersama sama untuk menjaga Negeri Hibualamo agar tetap eksis, ungkap Hein.


Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Bpk.Hein Namotemo, MSP yang biasa disapa Jiko ini juga menyampaikan, bahwa jika Negara ini kacau, yang bisa meneruskan adalah budaya adat. Maka dari itulah disampaikan kepada anak-anak muda tetap lanjutkan perjuangkan ini, akan tetapi harus diperluas tingkat kesadaran kita, tegas Jiko.


"Jiko juga berpesan kepada kaum muda Kabupaten Halmahera Utara, kembangkanlah bakatmu karena kalian adalah generasi-generasi Bangsa." 


Diakhir sambutan, Mantan Bupati Halut dua Priode ini juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak keamanan TNI-Polri dan Satpol-PP Halut yang sudah mengawal Kiarono Festival 2024 ini.


Kegiatan pembukaan Kiarono festival 2024 berjalan sampai selesai dalam keadaan aman, lancar dengan meriah, dan akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, terhitung mulai 26 sampai 27 April 2024 dengan berbagai macam rangkaian kegiatan. (Yansen)

×
Berita Terbaru Update