Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Wakili Gubernur Maluku Hadiri Raker GNSTA 2024, Ini Yang Di Sampaikan Asisten II Setda Maluku

Jumat, 08 Maret 2024 | 05:41 WIT Last Updated 2024-03-07T20:41:42Z

Foto : Asisten II Setda Maluku Waikili Gubernur dalam acara Raker

Ambon
- Global Timur News - Gubernur Maluku diwakili Asisten II  bidang Perekonomian  dan pembangunan Setda Provinsi Maluku, Suryadi Sabirin, membuka acara Rapat Kerja (Raker), Bidang Kearsipan serta Launching Gerakan Nasuonal Sadar Tertip Arsip (GNSTA) Provinsi Maluku Tahun 2024. Kamis (7/3/2023)di hotel marina Ambon


"Kegiatan raker ini dirangkaian dengan lounching GNSTA, dalam rangka membangun kesadaran pertimbangan mengelola Arsip membangun penyelenggaraan tertip Arsip serta menyelamatkan arsip dilingkungan pemerintah daerah Provinsi Maluku .


"Sehubungan dengan itu ada beberapa hal disampaikan Yakni" Raker bidang perpustakaan dan bidang kearsipan provinsi maluku tahun 2024 yang dilaksanakan merupakan Forum koordinasi dan sinkronisasi program kegiatan antar pelaku-kepentingan pembangunan di bidang perpustakaan dan bidang kearsipan pada tingkat provinsi dengan kabupaten kota sekaligus mentusun rencana kerja (Renja ) sebagai bagian dari dokumen perencanaan di  tahun 2024.


Kemudian proses perencanaan yang dilaksabakan diharapkan secara partisuparif dengan menganisme Top Dwon (Perencanaan Atas Bawah) dan Butom UP (Perencanaan Bawah Atas) yang diselenggarakan dengan kebijakan program prioritas pemerintah pusat provinsi dan kabupaten kota .


Forum ini juga strategis dengan bentuk kolaborasi dan Sinergitas dalam upaya meningkatkan literasi dan minat baca cerita dilanganan masyarakat serta tingkatkan nilai hasil pengawasan Internal dan Eksternal di lingkungan lingkup Provinsi Maluku maupun Kabupaten Kota.


"Lanjut, kita patut berbangga bahwa  di tahun 2023 Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) mengawali kenaikan 12,22 Poin dari tahun 2022 menjadi 63,97 sedangkan nilai tingkat kegemaran membaca (TGM) menjadi  62,88) poin pada bidang kearsipan berdasarkan hasil pengawasan kearsipan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tahun 2023, Pemerintah Provinsi Maluku mendapat kurang (C) walaupun mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang termasuk signifikan sebesar 15,29 poin ,hal yang sama juga yang terjadi di pemerintah kabupaten kota ".jelasnya


Kami Juga harapkan, semua stakeholder kearsipan baik di provinsi maupun kabupaten kota untuk lebih serius memperhatikan kinerja pengelolaan kearsipan  maluku dharapkan agar dapat memanfaatkan Raker bidang, perpustakaan dan bidang kearsipan ini secara maksimal. Tutupnya (V374)

×
Berita Terbaru Update