Notification

×

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Iklan

SELAMAT DATANG DI MEDIA ONLINE GLOBAL TIMUR NEWS

Kapolres MBD Pimpin Apel Gelar Pasukan, Dukung Operasi Kewilayahan Keselamatan Salawaku 2024

Sabtu, 02 Maret 2024 | 19:03 WIT Last Updated 2024-03-02T16:27:35Z

Foto: Kapolres MBD Pimpin Apel Gelar Pasukan Pelaksanaan Operasi Kewilayahan 

MBD
Global Timur News - Polres Maluku Barat Daya melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Kewilayahan dengan sandi ” Keselamatan Salawaku 2024 “  dan pencanangan aksi keselamatan jalan yang berpusat di lapangan Apel Mapolres Maluku Barat Daya pukul 08.00 Wit pada Sabtu pagi (21/08/2023).


Bertindak selaku Inspektur Apel Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K,  dengan mengikut sertakan Waka Polres MBD Kompol Djesy Batara, S.Sos bersama PJU / Perwira Polres Maluku Barat Daya, peserta  upacara terdiri dari : 1 SST personel Kodim 1511 Pulau Moa, 1 SST personel Brimob Kompi 4 Yon C, 2 SST personel Satuan Samapta Polres MBD,  1 SST Personel Sat Lantas, 1 SST Personel Staf Polres MBD dan 1 SST Personel gabungan Sat Intelkam, Sat Reksim dan Sat Resnarkoba Polres MBD.


Dalam penyampaian amanat Kapolda Maluku, Kapolres MBD AKBP Pulung Wietono, S.I.K mengatakan, apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas menjelang idul fitri 1445 hijriah tahun 2024 yang akan dilaksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 04 Maret s/d 17 Maret 2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia dengan tema “ keselamatan berlalu lintas guna terwujudnya indonesia maju.”


Foto: Kapolres MBD Pimpin Apel Gelar Pasukan Pelaksanaan Operasi Kewilayahan 


Kapolres juga menjelaskan, operasi keselamatan salawaku tahun 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunkan angka fatalitas korban laka dan pelanggaran lalu lintas, dengan sasaran operasi meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG) dan Gangguan Nyata (GN) yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas baik sebelum, pada saat dan pasca Operasi Keselamatan Salawaku 2024.


“ Operasi Keselamatan Salawaku 2024 adalah merupakan jenis operasi harkamtibmas bidang lantas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas. oleh karena itu, dalam apel gelar pasukan ini juga akan dilaksanakan pencanangan aksi keselamatan jalan secara serentak yang melibatkan para pelajar, mahasiswa, driver ojol, komunitas kendaraan bermotor, pengusaha angkutan barang dan organda agar tujuan dari pelaksanaan operasi ini dapat tercapai. “ Ucap Kapolres.


Lebih lanjut Kapolres menekankan, dalam menyikapi aksi balap liar yang semakin marak, Polda Maluku telah melakukan tindakan tegas sesuai dengan kewenangan hukum yang dimiliki Polri. disamping tindakan hukum yang dilakukan, para pelanggar balap liar tersebut juga akan didata dan disinkronkan dengan data intelijen untuk dimasukkan dalam daftar catatan kepolisian yang ada didata Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi keselamatan masyarakat atau pengguna jalan lainnya dari aksi balap liar tersebut.


“ Melalui penyelenggaraan Operasi Simpatik Salawaku ini maka diharapkan para peserta apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Salawaku 2024 untuk melakukan langkah-langkah sebagai berikut : 

1). melaksanakan deteksi dini, lidik serta pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan pelanggaran, laka lantas dan kemacetan;   

2). melaksanakan binluh kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas berupa kegiatan sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan pembagian sticker serta melalui media cetak, elektronik dan media sosial; 

3). melaksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas terutama terhadap pelanggaran balap liar yang marak terjadi di Kota Ambon sekarang ini;    

4). penindakan pelanggaran lantas menggunakan etle statis dan mobile serta blangko teguran. “ tutup Kapolres. (V374)

×
Berita Terbaru Update